Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.209 pegawai Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengikuti program vaksinasi COVID-19 tahap pertama yang diselenggarakan pada 10 dan 12 April 2021.

“Vaksinasi COVID-19 adalah program yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menjadi program prioritas utama Pemerintah. Perpusnas sebagai instansi pelayanan publik, wajib menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. Pemberian vaksin ini menjadi sangat penting bagi pegawai karena banyak berinteraksi dengan pengunjung perpustakaan,” ujar Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan dengan vaksinasi itu diharapkan akan membangun imunitas sehingga dapat melindungi diri sendiri maupun orang lain. Syarif Bando mengingatkan para pegawai untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Reisa sebut vaksinasi COVID-19 bagi lansia baru 10 persen dari target

“Namun yang namanya kesehatan bukan hanya virus COVID-19 yang diantisipasi, sebagai orang perpustakaan dengan jutaan buku-buku tentang kesehatan, saya ingatkan agar kita menjadi dokter terbaik untuk diri kita sendiri. Karena kita lah yang paling tahu tentang permintaan dan keluhan sel-sel tubuh kita," tambah dia.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Umum Kementerian Kesehatan Sumarjaya mengatakan pelaksanaan vaksinasi merupakan program pemerintah sebagai upaya mengantisipasi COVID-19.

“Vaksin bukan salah satu penyelesaian pandemi, namun dengan vaksin dapat memberikan 70 persen kekebalan terhadap tubuh kita terhadap COVID-19, sehingga ada peluang 30 persen yang harus kita antisipasi,” kata Sumarjaya.

Sumarjaya mengingatkan, meskipun sudah divaksin namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti mengatakan, pelaksanaan vaksinasi merupakan bentuk dukungan Perpusnas terhadap program pemerintah. Pada kesempatan tersebut, Woro juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Kesehatan, Puskesmas Kecamatan Senen, dan rumah sakit yang telah mendukung pelaksanaan vaksinasi di lingkungan Perpusnas. Pelaksanaan vaksin tahap kedua dijadwalkan pada Mei 2021.***3***

Baca juga: Kemenkes imbau masyarakat tak pilih-pilih jenis vaksin
Baca juga: DKI Jakarta siapkan sentra vaksinasi COVID-19 sampai tingkat kelurahan
Baca juga: Jangan jadikan COVID-19 penghalang ibadah Ramadhan, sebut MUI


Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021