Lubukbasung (ANTARA) - Satu unit rumah beserta pemilik atas nama Nazir (80) warga Kapecong Jorong Hilalang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, hangus terbakar pada Senin (12/4) sekitar pukul 23.30 WIB.

Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra di Lubukbasung, Selasa, mengatakan korban tinggal sendiri di rumah semi permanen miliknya.

"Saat ini jasad korban telah dimakamkan ke pemakaman keluarga, Senin (12/4)," katanya.

Ia mengatakan, kebakaran itu diketahui warga saat api sudah membesar.

Baca juga: Anies janjikan revitalisasi 27 unit rumah yang terbakar di Kwitang

Baca juga: Rumah indekos terbakar di Jakarta Timur


Warga mencoba untuk menolong kakek itu, karena korban tinggal sendiri di rumah tersebut di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek.

Namun, api tidak kunjung padam, sehingga rumah tersebut hangus terbakar.

“Informasi yang kita terima, rumah itu tidak ada aliran listrik, hanya menggunakan lampu teplok sebagai penerang,” katanya.

Dengan kondisi itu, kuat dugaan kebakaran disebabkan oleh lampu teplok atau api tungku, sehingga api dengan cepat membakar rumah milik Nazir.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Damkar Agam, Kurniawan Syahputra menambahkan pihaknya mengerahkan tiga unit armada dari Agam dua unit dan Bukittinggi satu unit.

Setelah api padam, korban langsung dievakuasi, namun sesuai permintaan pihak keluarga, malam itu juga korban langsung dimakamkan.

Kurniawan mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menjauhkan bahan mudah terbakar dengan api memadamkan kompor dan lainnya.

"Ini dilakukan agar tidak menjadi korban kebakaran," katanya.*

Baca juga: Wagub Jabar pastikan Pertamina ganti rugi rumah warga yang rusak

Baca juga: Kebakaran hanguskan11 rumah di Matraman

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021