Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partai politik memiliki tanggung jawab besar untuk turut memberikan bantuan kepada masyarakat di saat tertimpa musibah.

Karena itu menurut dia, bantuan-bantuan yang diberikan bukannya hanya dilakukan ketika menjelang pemilu, tetapi di saat genting seperti bencana alam yang melanda provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Lazimnya sebuah partai politik bergerak mendekati masa pemilu atau pilkada sibuk membangun pencitraan, seolah-olah parpol paling membela kepentingan rakyat. Namun Prabowo Subianto tidak mengajarkan kami untuk melakukan hal demikian," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Wakil Ketua DPR telah usulkan status bencana nasional untuk NTT
Baca juga: PUPR sebut tiga prioritas dukung penanganan bencana di NTT dan NTB


Hal itu dikatakan Muzani bersama anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI di sela-sela kunjungannya di NTT, Senin.

Muzani mengatakan, Prabowo mengajarkan para kader Gerindra bahwa berpolitik adalah proses yang tidak pernah berhenti untuk terus memikirkan rakyat dan tidak kenal lelah untuk terus memperjuangkan kepentingan rakyat demi mencapai tujuan bangsa dan negara.

"Sehingga partai Gerindra hadir untuk rakyat bukan hanya saat menjelang pemilu saja, tapi juga di saat-saat sulit seperti ini," ujarnya.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan, dirinya memberikan bantuan kepada korban bencana alam di NTT seperti beras, mie instan, ikan kaleng, susu, biscuit, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, selimut, masker dan air mineral.

Menurut dia, komoditi tersebut adalah kebutuhan yang paling utama bagi masyarakat korban bencana agar bisa bertahan hidup di saat sulit.

"Serta dibutuhkan sinergisitas antara kepala daerah di provinsi NTT agar pemulihan pasca bencana bisa dilakukan dengan cepat," katanya.

Muzani menilai yang paling rawan dari bencana adalah pada saat satu minggu pertama, karena ada yang menjerit, menangis serta kehilangan anggota keluarganya dan tidak sabar menunggu bantuan datang.

Waktu itu menurut dia merupakan awal krisis sehingga butuh penanganan dari Walikota dan Wakil Bupati agar bencana dapat terkendali, sehingga dua pekan setelah bencana kondisi sudah terkendali.

Dalam kunjungan tersebut Muzani juga sempat mengikuti buka puasa bersama dengan para korban bencana dan sejumlah anak yatim di wilayah bencana di NTT.

Muzani bersama jajaran Fraksi Partai Gerindra DPR RI memberikan bantuan sembako dan santunan kepada para korban dan sejumlah anak yatim tersebut.

Baca juga: Gerindra ingatkan kepala daerah jaga iklim kondusif masyarakat
Baca juga: Gerindra berkomitmen cetak pemimpin yang laksanakan janji politiknya


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021