IHSG berpotensi menguat hari ini, ikuti naiknya bursa saham global

id IHSG,bei,indeks lq45,bursa,saham,aa

IHSG berpotensi menguat hari ini, ikuti naiknya bursa saham global

Ilustrasi - Seorang pengunjung memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama/aa.

Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis pagi menguat, mengikuti kenaikan bursa saham global.

IHSG dibuka menguat 11,55 poin atau 0,19 persen ke posisi 6.004,79. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 3,23 poin atau 0,36 persen ke posisi 896,02.

"Secara sentimen pergerakan IHSG hari ini berpotensi menguat di tengah optimisme bursa global akibat laporan kinerja emiten kuartal I 2021 yang cukup positif," kata Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wall Street "rebound", Indeks Dow Jones melonjak 316,01 poin

Bursa saham AS ditutup menguat pada Rabu (21/4) kemarin. Investor memilah-milah hasil perusahaan untuk tanda-tanda apakah lonjakan laba yang diantisipasi akan membawa serta perkiraan untuk pertumbuhan yang lebih kuat.

Sementara itu Bank Sentral Eropa diharapkan untuk mempertahankan kebijakannya tidak berubah, mengkonfirmasikan bahwa pembelian aset di bawah program pandemi akan berjalan lebih cepat hingga Juni.

Pertemuan tersebut akan menjadi perhatian khusus setelah Bank of Canada menjadi bank sentral utama pertama yang memberi sinyal akan mengurangi pembelian aset dan menaikkan jadwal yang diharapkan untuk kenaikan suku bunga potensial.

Baca juga: Harga minyak jatuh lagi, lonjakan COVID India rusak prospek permintaan

Dari komoditas, harga minyak WTI masih melanjutkan pelemahannya di tengah kekhawatiran permintaan akibat potensi lockdown di beberapa negara.

Selanjutnya investor akan menanti hasil laporan persediaan minyak mentah di AS, keputusan suku bunga di Eropa, hingga data penjualan rumah baru di AS.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei menguat 551,9 poin atau 1,94 persen ke 29.060,45, Indeks Hang Seng naik 26,49 poin atau 0,09 persen ke 28.648,41, dan Indeks Straits Times meningkat 21,99 poin atau 0,7 persen ke 3.177,05.

Baca juga: Saham China dibuka naik, terkerek laporan keuangan yang positif

Baca juga: Saham Australia dibuka naik, terkerek saham pertambangan dan perbankan

 

Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar