IIMS 2021 dorong pemulihan otomotif dari APM hingga aksesori

id iims,pameran otomotif,ppnbm

IIMS 2021 dorong pemulihan otomotif dari APM hingga aksesori

Dokumentasi - Pengunjung mengamati mobil-mobil yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa/pri.

Jakarta (ANTARA) - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 ingin menjadi "angin segar" bagi seluruh industri otomotif untuk pulih dari dampak pandemi COVID-19. 

IIMS 2021 bisa menjadi pendorong minat masyarakat untuk menentukan pembelian karena bisa melihat langsung produk dan inovasi terbaru yang dihadirkan industri otomotif, yakni mulai dari agen pemegang merek (APM) hingga pengusaha aksesori.

Pameran otomotif yang dijalankan secara offline dan online itu juga digelar bertepatan dengan pemberian insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditetapkan pemerintah untuk memulihkan perekonomian di sektor industri otomotif.

Baca juga: Lima upaya IIMS Hybrid optimalkan protokol kesehatan

Tren konsumsi masyarakat untuk berbelanja menjelang hari raya Idul Fitri juga membuat pameran yang digelar hingga akhir pekan ini menjadi opsi tersendiri bagi calon konsumen yang ingin memanfaatkan insentif PPnBM.

Pengamat otomotif Bebin Djuana pada Sabtu mengatakan, "Ekonomi mulai bergerak, untuk dunia otomotif ternyata refund pajak barang mewah (PPnBM) berhasil menjadi trigger. Mobil medium low (1.500cc ke bawah) yang awalnya saya perkirakan tidak terpengaruh ternyata ada geliatnya."

Ia menambahkan, "Kalau yang 1500-2500cc daya beli memang ada, potongan pajak barang mewah mempengaruhi untuk membeli."

Peningkatan penjualan mobil di berbagai segmen turut dimaksimalkan industri lainnya. Perkumpulan Pengusaha Aksesori Mobil Indonesia (PAHAMI) misalnya, mereka membawa 10 anggota dalam pameran itu, yakni Venom, Asuka, Diablo, Mejistar, Articoleder, Dorfree, Hurricane, No Doubt, Hardi Clacssic dan JSL.

Deretan jenama aksesoris itu menawarkan promo penjualan, misalnya Venom yang memberikan hadiah pilihan jika konsumen melakukan pembelian senilai lebih dari Rp5 juta. Venom juga memberikan harga khusus untuk package express elite V1, sedangkan Venom Pandora memberikan diskon 20 persen untuk semua varian Venom Processor Packages.

Yuasa Battery memberikan diskon 12 persen untuk pembelian aki secara langsung, berlaku untuk aki mobil, motor, promo trade in, dan pemasangan serta cek aki gratis.

"Harapannya, dengan adanya banyak pihak yang andil dalam IIMS Hybrid 2021 ini dari seluruh pelaku industri otomotif tanah air dari hulu hingga hilir, industri otomotif perlahan bangkit dan pulih dari efek pandemi COVID-19," demikian tulis Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS dalam siaran pers.

Baca juga: Motor custom siswa SMK Mercusuar Jakarta mejeng di IIMS Hybrid 2021

Baca juga: Spesifikasi & harga tiga varian New MINI Countryman yang hadir di IIMS

Baca juga: MG klaim berhasil gaet 600 konsumen potensial selama IIMS Hybrid 2021

Pewarta : Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar