Mexico City (ANTARA) - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Senin (26/4) mendukung pemungutan suara oleh kongres Meksiko untuk memperpanjang masa jabatan ketua Mahkamah Agung. 

Dia mengatakan hakim membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengawasi reformasi peradilan yang disepakati.

Kongres, yang dikendalikan oleh partai MORENA Lopez Obrador, pekan lalu memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Mahkamah Agung Arturo Zaldivar dua tahun hingga 30 November 2024, setelah perpanjangan itu dimasukkan dalam serangkaian reformasi peradilan.

Presiden mengatakan perombakan yudisial akan memastikan bahwa "para hakim, seperti sekarang, tidak melayani pihak yang berkuasa" dan bahwa Zaldivar adalah orang yang tepat untuk menyelesaikannya.

"Kami menganggap Hakim Arturo Zaldivar adalah orang berintegritas yang dapat melaksanakan reformasi ini dalam dua tahun," kata Lopez Obrador pada konferensi pers reguler.

"Ini bukan pemilihan ulang," tambahnya.

Kritikus pemerintah mengatakan Zaldivar mendukung Lopez Obrador dan khawatir bahwa langkah tersebut dapat menjadi preseden untuk memperpanjang jangka waktu pejabat lainnya. Konstitusi menetapkan ketua pengadilan hanya menjabat selama empat tahun.

Lopez Obrador telah berulang kali mengkritik hakim yang telah menunda atau menghambat beberapa inisiatif perundangan yang ditandatanganinya, termasuk langkah-langkah untuk memperkuat perusahaan energi milik negara Meksiko dengan mengorbankan investor swasta.

Presiden itu berargumen bahwa sementara beberapa hakim di Meksiko bersikap jujur, "mayoritas" mendukung kepentingan yang kuat.

Zaldivar, yang berusaha menjaga jarak dari proposal perpanjangan masa jabatan tanpa menolaknya secara langsung, telah menyarankan agar anggota Mahkamah Agung lainnya akan mengambil keputusan akhir.

Lopez Obrador telah berulang kali mengatakan dia tidak berniat memperpanjang masa jabatannya sendiri, yang berakhir pada akhir 2024.

Di Meksiko, presiden hanya dapat menjalani satu masa jabatan enam tahun.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pria bersenjata bunuh 13 polisi Meksiko di siang bolong

Baca juga: Meksiko laporkan 2.192 kematian akibat COVID-19


Baca juga: Wanita El Salvador yang tewas di tahanan polisi Meksiko dimakamkan

 

Perayaan Hari Kematian di Meksiko tak terhenti karena pandemi

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021