Jakarta (ANTARA) - Apple Inc merencanakan kampus baru di North Carolina, Amerika Serikat, yang bisa menampung hingga 3.000 pekerja.

Dikutip dari Reuters, Selasa, kampus Apple akan terletak di area Research Triangle, North Carolina dan akan dijadikan sebagai pusat teknik untuk kecerdasan buatan, machine learning, software engineering dan teknologi lainnya.

Dana yang digelontorkan Apple untuk kampus baru senilai 1 miliar dolar AS, termasuk untuk kampus di Austin, Texas, yang diumumkan pada 2019 lalu.

Apple berkomitmen memberikan dana sebesar 100 juta dolar AS untuk sekolah-sekolah di area Releigh-Durham, North Carolina dan sekolah lainnya di negara bagian tersebut.

Selain sekolah, Apple juga menjanjikan 110 juta dolar untuk membangun infrastruktur berupa internet pita lebar (broadband), jalan, jembatan dan sekolah umum di 80 area di North Carolina.

"Sebagai orang asli North Carolina, saya senang Apple memperluas dan membuat lapangan kerja jangka panjang di komunitas tempat saya dibesarkan. Kami bangga bahwa investasi ini juga akan mendukung pendidikan dan proyek infrastruktur penting di seluruh negara bagian," kata COO Apple, Jeff Williams.

Apple juga akan memperluas rekrutmen karyawan di berbagai lokasi di AS, sesuai dengan target mereka menciptakan 20.000 pekerjaan tambahan pada 2026.

Raksasa teknologi ini juga akan membangun fasilitas kerja di Colorado, Massachusetts dan Washington.

Sementara di California, tempat markas utama mereka, Apple akan mempekerjakan 5.000 orang di San Diego dan 3.000 orang di Culver City, wilayah Los Angeles.

Apple menambah anggaran belanja mereka di AS menjadi 430 miliar dolar hingga 2026, naik dari target lima tahunan 350 miliar dolar yang mereka umumkan pada 2018 lalu.

Target pengeluaran Apple termasuk pusat data, capital expenditure dan membuat konten original untuk televisi di 20 negara bagian.


Baca juga: Spotify akan luncurkan opsi langganan untuk podcast

Baca juga: iPhone 12 dan iPhone 12 mini meluncur dalam warna ungu

Baca juga: Apple luncurkan alat pelacak AirTag

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021