Gorontalo (ANTARA) - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla melantik Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi Ketua DMI Provinsi Gorontalo di Kabupaten Gorontalo, Rabu.

"Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan pelantikan Dewan Masjid Indonesia Provinsi Gorontalo, sekaligus rapat kerja wilayah yang sebenarnya akan digelar pada tahun lalu," ujar Nelson Pomalingo.

Ia mengatakan, hingga tahun 2021, terdapat 2.410 masjid di Gorontalo yang terdiri dari masjid agung, masjid jami, masjid besar. "In syaa Allah tahun ini atau tahun depan kita akan ada masjid raya yang sekarang didorong pembangunannya oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo," ucap Nelson.

Berbagai program pun dilakukan oleh Nelson seperti yang diharapkan oleh DMI Pusat, seperti bagaimana memakmurkan masjid dan tentunya juga para jamaah.

"Oleh karena itu, kami lakukan konsolidasi organisasi yang kami lakukan sampai ke tingkat bawah, kemudian juga mengembangkan PAUD yang berbasis masjid, serta Syiar Germas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan," ungkap Nelson.

Kemudian kata Nelson, DMI Provinsi Gorontalo melakukan disinfektan seperti yang telah diberikan oleh DMI pusat.

"Kami juga melakukan pembenahan setelah mendapatkan mobil dari DMI pusat, melakukan sertifikasi tanah-tanah wakaf dari masjid," kata dia, lagi

Baca juga: JK resmikan gerakan masjid jadi sentra vaksinasi

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia Muhammad Jusuf Kalla mengatakan jika masjid itu adalah bagian dari kehidupan masyarakat.

Ia mengatakan jika DMI memakmurkan masjid melalui dakwah dan memberi contoh berbagai pelatihan.
Ketua Dewan Masjid indonesia (DMI) Pusat, Jusuf Kalla menghadiri pelantikan ketua dan pengurus DMI Provinsi Gorontalo di Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (28/4/2021). ANTARA Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021