Denpasar (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bali bersama Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia menjajaki kerja sama ekonomi sesuai dengan potensi dan keunggulan masing-masing daerah.

"Kami sangat menyambut baik tawaran kerja sama dari Dubes Ethiopia dan akan mempersiapkan produk-produk yang bisa ditawarkan dalam waktu dekat ini," kata Ketua Kadin Bali I Made Ariandi di Denpasar, Rabu.

Di Indonesia, Ethiopia telah menjalin kerja sama dengan Bandung dan Semarang dan beberapa pengusaha telah berinvestasi di Ethiopia seperti Indomie dan sebagainya.

Menurut dia, potensi Bali yang bisa dikembangkan diantaranya dari furniture, produk pertanian (beras, manggis, salak) garmen dan perdagangan, di samping pertukaran informasi untuk pengembangan pariwisata.

Baca juga: Gubernur Bali: Siap dukung dan fasilitasi acara Munas Kadin di Bali

Untuk tahap awal, lanjut dia, akan fokus pada garmen dan furniture serta mempercepat "charter flight" ke Bali untuk membangkitkan pariwisata Bali.

Ariandi mengatakan jajaran Kadin Bali sudah bertemu dengan Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Professor Admasu Tsegaye pada Sabtu (24/4).

Dia menambahkan, Ethiopia masih menjajaki kemungkinan charter flight ke Bali untuk meningkatkan kunjungan warga negara Ethiopia ke Bali untuk berwisata.

Pada saat ini Ethiopian Airlines telah melakukan penerbangan tiga kali seminggu "direct" ke Jakarta yang mengangkut kurang lebih 80 businessman. "Ini merupakan peluang bagi Bali untuk melakukan direct flight ke Bali untuk mengurangi biaya," ucapnya.

Sesuai yang disampaikan Dubes Admasu Stegaye, lanjut dia, akan dilaksanakan Virtual Bisnis Forum antara pengusaha Ethiopia dan pengusaha di bawah Kadin Bali pada bulan Juli atau Agustus 2021 untuk mengetahui lebih jauh potensi kerja sama masing masing secara lebih konkret.

Di samping itu, juga dilakukan penjajakan kerja sama Sister City antara Adisababa dengan Kabupaten Badung mengingat telah dilakukan penandatangan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Ethiopia pada tahun 2018 yang ditandatangani di Bali.

Baca juga: Rapimnas Kadin 2019 bahas upaya peningkatan ekonomi nasional

Sebelumnya Ketua Kadin Bali dalam kesempatan bertemu dengan Dubes Ethiopia juga didampingi Wakil Ketua Bidang Akomodasi dan Investasi Pariwisata I Made Ramia Adnyana, Wakil Ketua Bidang Destinasi Pariwisata Agus Maha Usada, dan Wakil Ketua Bidang Perdagangan Luar Negeri Kadin Bali Nana Chen.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021