Persalinan ibu hamil positif COVID-19 di RSUD Belitung berjalan lancar

id hamil persalinan,positif covid,belitung

Persalinan ibu hamil positif COVID-19 di RSUD Belitung berjalan lancar

Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp. An (Antara/Kasmonoo)

Belitung,Babel (ANTARA) - Proses persalinan dua ibu hamil positif COVID-19, FEM (23) dan JUR (29) di RSUD Marsidi Judono Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berjalan lancar dan bayi lahir dalam keadaan selamat.

Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp. An melalui Kepala Bagian Tata Usaha, Ika Harniati di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan tindakan operasi sectio caesaria terhadap kedua pasien tersebut berjalan lancar.

"Operasi dilakukan oleh tim medis Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Marsidi Judono Belitung dengan menerapkan SOP dan protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku," katanya.

Menurut dia, pasien FEM (23) usia kehamilannya adalah 41 pekan dan pasien JUR (29) usia kehamilan 39 pekan dengan status terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: RSUD Pekalongan siapkan ruang persalinan khusus terkonfirmasi COVID-19

Baca juga: Bayi di Riau lahir terinfeksi COVID-19


"Kedua pasien tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 yang berdasarkan hasil tes usap antigen," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam persalinan tersebut semua tim medis operasi dan perinatologi yang melakukan resusitasi bayi baru lahir dari kedua pasien tersebut beserta seluruh petugas kesehatan pendukung di ruangan operasi menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) level tiga.

"Selanjutnya setelah operasi kedua pasien diisolasi di ruang isolasi B sampai waktu karantina selesai dan dinyatakan sembuh," katanya.*

Baca juga: WHO desak petugas kesehatan untuk izinkan kontak ibu, bayi

Baca juga: Bayi lahir dengan antibodi COVID-19, dokter sebut itu hal baru

Pewarta : Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar