Jakarta (ANTARA) - Tim eNational Squad pertama Indonesia yang diwakili oleh Fahmi Husaeni dan Moehamad Zulisar berhasil membawa Indonesia ke urutan kedua klasemen sementara pada laga perdana Fase grup FIFAe Nations Online Qualifiers untuk Zona Asia dan Oceania.

Fase grup FIFAe Nations Online Qualifiers untuk Zona Asia dan Oceania resmi dimulai, tim Indonesia yang tergabung dalam Grup B berhadapan dengan Korea Selatan dan Hong Kong, bertempat di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, Kamis.

Meskipun tidak memperoleh poin maksimal, Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita yang hadir untuk memberi semangat dan menyaksikan eNational Squad Indonesia berlaga mengaku puas dengan hasil yang diperoleh.

"Saya cukup puas dengan hasil yang diperoleh oleh eNational Squad pertama kita hari ini. Masih ada pertandingan selanjutnya besok dan saya yakin mereka akan tampil lebih maksimal," katanya, dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: Kemenparekraf harap turnamen esports bertambah dukung "sport tourism"

FIFAe Nations Online Qualifiers merupakan babak kualifikasi dari rangkaian FIFAe Nations Series yang nantinya dari Zona Asia dan Oceania akan dipilih lima negara terbaik untuk melangkah ke babak final bertajuk FIFAe Nations Cup yang akan digelar di Denmark, 20-22 Agustus 2021.

Turnamen tersebut menggunakan mode permainan FIFA Ultimate Team (FUT) dan mempertandingkan dua konsol, yaitu Play Station yang digawangi oleh Moehamad Zulisar dan Xbox oleh Fahmi Husaeni.

Saat melawan Korea Selatan, Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Namun, pada Play Station, Indonesia harus menerima kekalahan 0-1 melalui tendangan penalti, sedangkan Indonesia harus berpuas dengan skor imbang 1-1 pada Xbox.

Melawan Hong Kong, Indonesia berhasil menguasai pertandingan. Pada Play Station, Moehamad Zulisar harus berpuas dengan hasil imbang 3-3. Pada Xbox, Fahmi Husaeni tampil gemilang dan berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1.

Baca juga: Turnamen khusus wanita dorong inklusi esports di Indonesia

"Hari ini adalah hari bersejarah karena ini adalah kali pertama eNational Squad Indonesia berpartisipasi di turnamen resmi eFootball FIFA tingkat dunia. Semoga eNational Squad Indonesia bisa mencetak prestasi dan industri efootball di Indonesia bisa lebih maju," tutup Maaike.

Selanjutnya, pada Jumat (30/4) besok, Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Singapura dan China.

Pertandingan disiarkan secara live di Youtube dan Facebook PSSI mulai pukul 11.30 WIB.

Berikut klasemen sementara Grup B Zona Asia dan Oceania:

1. Korea Selatan Poin 16
2. Indonesia Poin 5
3. Hong Kong Poin 5
4. Singapura Poin 4
5. China Poin 2

Baca juga: Depok gelar turnamen Esports Piala Wali Kota

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021