Inilah sumbangsih besar para ulama dengan telaten, sabar, dan ikhlas merajut peradaban keindonesian.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan peran alim ulama sangat sentral dalam memunculkan rasa optimisme umat pada masa pandemi COVID-19

Menurut dia, tantangan terbesar pada masa pandemi COVID-19 adalah kehidupan ekonomi yang lesu, daya beli masyarakat turun, dan perdagangan kurang bergairah.

"Situasi ini membawa dampak psikologis bagi umat, munculnya pesimisme di tengah masyarakat. Namun, kita patut bersyukur ada alim ulama yang terus membangkitkan optimisme. Insyaallah, COVID-19 akan berakhir," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Muzani mengemukakan hal itu saat bersilaturahmi dengan para ulama dan habaib se-Jakarta di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (29/4).

Menurut Muzani, dorongan semangat dari para ulama yang membuat umat teguh dalam kesabaran.

"Sabar bagian penting yang selalu disampaikan oleh para ulama," katanya.

Baca juga: Gerindra: Parpol punya tanggung jawab bantu warga tertimpa musibah

Selain kesabaran, lanjut dia, para ulama juga mengajarkan nilai positif dengan tidak berhenti berikhtiar walaupun tantangan berat lainnya pada era digitalisasi yang telah membuka semua akses informasi.

Sekjen Partai Gerindra itu menilai apa yang disampaikan para alim ulama, para kiai, dan para ustaz sering berbenturan karena ada paradoks dengan kehidupan nyata.

"Itu jadi beban berat para ulama untuk terus dengan sabar membentengi umat dengan panduan ajaran agama, akhlak yang mulia, dan keteladanan berdasarkan moralitas yang tinggi telah membentuk peradaban keindonesiaan," ujarnya.

Muzani juga menyampaikan rasa syukur bahwa para alim ulama terus menjaga Indonesia karena tanpa diminta, dari dahulu sampai sekarang berkat doa-doa para ulama, Indonesia tetap kokoh menghadapi segala tantangan di setiap zaman.

"Inilah sumbangsih besar para ulama dengan telaten, sabar, dan ikhlas merajut peradaban keindonesian," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Muzani didampingi anggota DPR RI Fraksi Gerindra Kamarussamad dan disambut Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Raya Hasyim Asy'ari K.H. Mahfudz Asirun.

Baca juga: Gerindra ingatkan kepala daerah jaga iklim kondusif masyarakat

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021