tindakan proaktif diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari para wisatawan yang memasuki Amerika Serikat
Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada  Jumat (30/4) memberlakukan pembatasan perjalanan baru dari India sehubungan dengan epidemi COVID-19, yang melarang sebagian besar warga negara non-AS memasuki AS.

Pembatasan baru, yang berlaku pada  Selasa, 4 Mei pukul 12:01 waktu setempat, atas saran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS dan diberlakukan karena "besarnya dan ruang lingkup Pandemi COVID-19 di India melonjak, "kata Gedung Putih.

Biden pada  Jumat menandatangani pengumuman yang menerapkan pembatasan, yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters.

Pemberitahuan resmi itu mengatakan India "menyumbang lebih dari sepertiga kasus global baru" dan menambahkan bahwa "tindakan proaktif diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari para wisatawan yang memasuki Amerika Serikat" dari India.

Baca juga: India laporkan rekor baru kasus COVID, Mumbai tutup pusat vaksinasi
Baca juga: Kedaruratan COVID-19 di India jadi peringatan bagi Afrika


Pada  Januari, Biden mengeluarkan larangan serupa untuk sebagian besar warga negara non-AS yang memasuki negara yang baru-baru ini berada di Afrika Selatan. Dia juga menerapkan kembali larangan masuk pada hampir semua pelancong non-AS yang pernah berada di Brazil, Inggris Raya, Irlandia, dan 26 negara di Eropa yang mengizinkan perjalanan melintasi perbatasan terbuka. China dan Iran juga sama-sama tercakup dalam kebijakan tersebut.

Kebijakan tersebut berarti sebagian besar warga negara non-AS yang telah berada di salah satu negara yang disebutkan dalam 14 hari terakhir tidak memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Penduduk tetap AS dan anggota keluarga serta beberapa warga negara non-AS lainnya, seperti pelajar, mendapat pengecualian.

Keputusan untuk memberlakukan pembatasan perjalanan terbaru muncul dengan cepat dan hanya dicapai dalam 24 jam terakhir, kata sumber.

Kedutaan Besar India di Washington tidak segera berkomentar.

India telah mencatat lebih dari 300.000 kasus baru setiap hari selama sembilan hari berturut-turut, mencapai rekor global lain sebesar 386.452 pada Jumat.

Total kematian telah melampaui 200.000 dan kasus mendekati 19 juta - hampir 8 juta sejak Februari saja - karena varian virus baru yang ganas telah dikombinasikan dengan acara demonstrasi politik dan festival keagamaan.

Pakar medis mengatakan bilangan di lapangan mungkin lima hingga 10 kali lebih tinggi dari hitungan resmi.

Negara lain telah memberlakukan pembatasan perjalanan serupa dengan India, termasuk Inggris, Jerman, Italia, dan Singapura, sementara Kanada, Hong Kong, dan Selandia Baru telah menangguhkan semua perjalanan komersial dengan India.

Pada  Rabu, Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat mengirim pasokan senilai lebih dari $ 100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun ke India untuk membantunya melawan lonjakan COVID-19.

Persediaan itu  termasuk tabung oksigen, masker N95 dan tes diagnostik cepat. Amerika Serikat juga telah mengalihkan pesanan pasokan manufaktur AstraZeneca ke India, yang akan memungkinkannya membuat lebih dari 20 juta dosis vaksin COVID-19, menurut Gedung Putih.

Perjalanan udara

Hampir semua wisatawan ke Amerika Serikat melalui udara harus menunjukkan bukti tes virus corona negatif atau pemulihan dari COVID-19.

Dalam beberapa pekan terakhir, Gedung Putih dan agensi AS mulai mengadakan pembicaraan tentang bagaimana akhirnya melepaskan kebijakan ketika kampanye vaksinasi diluncurkan dan kasus menurun di beberapa negara.

Perjalanan udara internasional AS tetap turun 60 persen dari tingkat pra-COVID-19, sementara perjalanan udara domestik AS turun 40 persen, menurut kelompok perdagangan industri Airlines for America.

Maskapai penerbangan dan grup perjalanan AS telah mendesak Gedung Putih untuk menetapkan tolok ukur untuk pelonggaran pembatasan pada akhirnya.

Sumber : Reuters
Baca juga: Institut Serum India siap produksi vaksin di luar negeri
Baca juga: Australia larang kedatangan dari India, pelanggar hadapi bui dan denda

 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021