Anindya Bakrie ajak pengusaha Sumbar naik kelas menjadi industriawan

id anindya bakrie,kadin indonesia,sumatera barat,pengusaha sumbar

Anindya Bakrie ajak pengusaha Sumbar naik kelas menjadi industriawan

Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Anindya Bakrie saat berkunjung ke Padang pada Minggu. (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Calon Ketua Umum (Caketum) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Anindya Bakrie mengajak pengusaha Sumatera Barat naik kelas dalam memajukan perekonomian daerah.

"Dalam 15 tahun ini saya melihat Kadin memiliki masalah yang kompleks apalagi di saat pandemi tentu lebih berat. Mari kita maju bersama untuk naik kelas dari pedagang menjadi industri, dari pengusaha menengah menjadi pengusaha besar," kata Anindya Bakrie di Padang, Minggu.

Ia mengatakan kedatangannya ke Sumatera Barat untuk meminta doa dan restu bertarung dalam Pemilihan Ketua Umum Kadin Indonesia yang akan digelar 2-4 Juni 2021.

Dirinya akan berupaya mengajak teman-teman di daerah untuk keluar dari masa pelik ini. Salah satunya dengan penguatan pengusaha lokal dalam kegiatan investasi di daerah.

Baca juga: Anindya Bakrie: Pengusaha lokal harus jadi pemain olah SDA daerah

Ia mencontohkan banyak pengusaha yang datang ke Sumbar melakukan investasi, namun selama ini tidak melibatkan pengusaha lokal.

"Kita tidak ingin maju sendirian tapi maju bersama dengan kawan-kawan daerah," kata Anindya Bakrie yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia.

Menurut dia, Kadin sendiri sesuai amanat undang-undang berfungsi melindungi perusahaan dan unit usaha yang ada di daerah tersebut

Dalam beberapa tahun ke depan, kata dia, muncul berbagai tantangan termasuk persoalan ketahanan pangan dan ia melihat  Sumatera Barat memiliki potensi kuat untuk menjadi lumbung pangan nasional.

"Di sini banyak sawit dan karet, namun industrinya juga harus dibangun agar semakin kuat," kata Anindya Bakrie.

Baca juga: NTT dukung Anindya Bakrie jadi Ketum Kadin 2021-2026

Selain itu, lanjut dia,  UMKM dan membangun sumber daya manusia Sumbar menjadi lebih unggul sehingga mampu merajai perekonomian nasional.

"Kalau soal SDM orang Sumbar terkenal sebagai pedagang dan ini potensi yang cukup besar," ujar Anindya Bakrie.

Menurut dia, Sumbar merupakan salah satu daerah yang mampu bertahan di saat terjangan pandemi COVID-19. Untuk penanaman modal dalam negeri bisa tumbuh dari Rp1,3 miliar menjadi Rp1,4 miliar

"Sumbar memiliki keindahan alam, sumber daya pertanian dan perkebunan, budaya yang kuat serta sumber daya manusia unggul untuk maju," kata Anindya Bakrie.

Sementara Ketua Umum Kadin Sumbar Ramal Saleh berterima kasih atas kedatangan Calon Ketua Umum Kadin yang memaparkan visi misi kepada anggota Kadin Sumbar serta asosiasi lainnya.

Baca juga: Sambangi Apindo, Anindya Bakrie tekankan kolaborasi pemulihan ekonomi

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar