Indeks MSCI dari saham-saham Asia-Pasifik di luar Jepang datar setelah mengalami sedikit penurunan pada Jumat (30/4/2021)...
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Asia mengawali pekan ini dengan melambat pada Senin pagi, ketika liburan di China dan Jepang mengurangi volume dan investor menunggu sejumlah besar data minggu ini yang akan menunjukkan AS memimpin pemulihan ekonomi global.

Indeks MSCI dari saham-saham Asia-Pasifik di luar Jepang datar setelah mengalami sedikit penurunan pada Jumat (30/4/2021). Nikkei Jepang ditutup untuk liburan, tetapi indeks berjangka Nikkei naik tipis 0,2 persen.

Wall Street memperpanjang kenaikannya dengan indeks berjangka Nasdaq dan S&P 500 keduanya naik 0,3 persen.

Baca juga: Pasar saham Asia dibuka menguat, fokus pertemuan Fed dan PDB AS

Minggu yang sibuk untuk data ekonomi AS diperkirakan akan menunjukkan kekuatan yang gemilang, terutama untuk survei manufaktur ISM dan data penggajian April. Perkiraannya adalah bahwa 978.000 pekerjaan diciptakan pada bulan tersebut karena konsumen membelanjakan uang stimulus mereka dan ekonomi semakin dibuka.

Keuntungan seperti itu dapat memicu spekulasi penurunan pembelian aset oleh Federal Reserve, meskipun Ketua Jerome Powell telah menunjukkan setiap tanda untuk bersabar pada kebijakan tersebut.

“Penggajian seharusnya menunjukkan kenaikan hampir satu juta pekerjaan lagi, tapi itu masih akan membuat mereka 7,5 juta di bawah level pra-COVID,” kata Tapas Strickland, direktur ekonomi di NAB.

"Ketua Powell baru-baru ini mencatat bahwa dibutuhkan serangkaian bulan penciptaan lapangan kerja sekitar satu juta sebulan untuk mencapai kemajuan substansial yang diperlukan untuk membenarkan pengurangan QE."

Baca juga: Saham Hong Kong ditutup rugi, dipicu tindakan keras Beijing ke fintek

Powell akan berpidato pada Senin dan akan diikuti oleh sejumlah pejabat Fed minggu ini. Presiden Fed Dallas, Robert Kaplan menimbulkan kehebohan pada Jumat (30/4/2021) dengan menyerukan untuk memulai percakapan tentang pengurangan.

Kesabaran Powell telah membantu membatasi tekanan jual di obligasi pemerintah AS, namun imbal hasil 10-tahun masih berakhir minggu lalu dengan kenaikan enam basis poin menjadi berakhir di 1,626 persen.

Kenaikan tersebut menawarkan beberapa dukungan kepada dolar AS yang telah ditekan oleh ekspansi cepat anggaran AS dan defisit perdagangan, produk sampingan dari kinerja ekonomi yang luar biasa.

Indeks dolar berdiri di 91,253 dan turun dari palung dua bulan di 90,422, meskipun masih berakhir April dengan penurunan 2,0 persen.

Euro stabil di 1,2026 dolar AS, setelah mundur dari puncak sembilan minggu 1,2149 dolar AS pada Jumat (30/4/2021). Sekarang memiliki dukungan yang solid di sekitar 1,1990 dolar AS.

Dolar AS telah bernasib lebih baik terhadap yen di 109,29, jauh di atas terendah baru-baru ini di 107,46 yen.

Di pasar komoditas, emas berada pada kisaran sempit sekitar 1.768 dolar AS per ounce yang dikesampingkan sebagian oleh minat investor pada mata uang kripto sebagai lindung nilai alternatif terhadap inflasi.

Ether mencapai rekor tertinggi pada Senin untuk diperdagangkan di atas 3.000 dolar AS, memperpanjang reli minggu lalu setelah laporan bahwa Bank Investasi Eropa (EIB) dapat meluncurkan penjualan obligasi digital di jaringan blockchain ethereum.

Harga minyak mengalami aksi ambil untung pada Jumat (30/4/2021) tetapi masih mengakhiri bulan dengan kenaikan 6,0 persen hingga 8,0 persen.

Brent terakhir naik 16 sen menjadi 66,92 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS menguat 18 sen menjadi 63,76 dolar AS per barel.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021