Polisi alihkan arus lalu lintas di Pasar Tanah Abang hingga Lebaran

id Tanah abang ,Pasar,Polda Metro Jaya

Polisi alihkan arus lalu lintas di Pasar Tanah Abang hingga Lebaran

Warga mengantre bus TransJakarta di Halte Jak Lingko Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/5/2021). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan layanan bus TransJakarta gratis bagi para penumpang yang tidak bisa naik KRL dari Stasiun Tanah Abang. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengalihkan arus lalu lintas di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hingga Lebaran sebagai salah satu langkah mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung.

"Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di kawasan Tanah Abang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Senin.

Dia juga menambahkan rekayasa arus lalu lintas tersebut akan diberlakukan hingga Idul Fitri 1441 Hijriah.

Meski demikian  pengalihan arus lalu lintas tersebut tidak diberlakukan selama 24 jam. Buka-tutup jalan di Pasar Tanah Abang akan disesuaikan dengan kepadatan arus lalu lintas.

"Buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas. (Pengalihan arus) Dilakukan sampai menjelang Lebaran," katanya

Ada sejumlah titik lokasi yang akan terimbas saat kebijakan tersebut diberlakukan. Salah satunya adalah daerah Petamburan ke arah Tanah Abang.

"Titik-titik yg ditutup antara lain Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, Tanah Abang Blok G," ungkap Sambodo.

Baca juga: DKI sediakan TransJakarta gratis bagi penumpang KRL Tanah Abang
Baca juga: Pasar Tanah Abang dibuka dengan pembatasan 50 persen
Akses jalan menuju Pasar Tanah Abang ditutup sementara untuk mencegah terjadinya kepadatan warga. (ANTARA Anisyah Rahmawati)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Ketiganya menggelar inspeksi Pasar Tanah Abang setelah beredarnya video viral
pengunjung Pasar Tanah Abang menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Polda Metro Jaya bersama TNI telah mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebanyak 2.500 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengawasi protokol kesehatan dan mengantisipasi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang.

Dalam kesempatan itu  Anies menyarankan diberlakukan rekayasa arus lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang.

"Kebijakan buka-tutup lalu lintas akan berjalan besok, pengendalian masuk keluar dari stasiun dan penertiban di jalan-jalan sekitar Tanah Abang mulai besok intinya kita lakukan pengendalian di sini," kata Anies.
Baca juga: 5 rute TransJakarta beroperasi di depan Stasiun Tanah Abang
Baca juga: Hari ini lebih 100 ribu orang padati Pasar Tanah Abang

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar