Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tetap beroperasi meski ada larangan mudik

id tol pekanbaru dumai,tol trans sumatera,larangan mudik,penyekatan jalan

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tetap beroperasi meski ada larangan mudik

Petugas mengawasi sebuah kenderaan yang dilarang masuk Tol Dumai, Riau, Selasa (4/5/2021). Polres Dumai bersama Dinkes, BPBD, Satpol PP dan petugas OPJT Permai melakukan penyekatan pemudik dan pemeriksaan protokol kesehatan di pintu tol tersebut. (ANTARA/ Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengelola Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai menyatakan jalan tol di Provinsi Riau tersebut tetap buka hingga Idul Fitri 1442 Hijriyah, meski pemerintah memberlakukan kebijakan pengetatan dan larangan mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Cabang Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Indrayana di Pekanbaru, Rabu, mengatakan aktivitas penyekatan jalan yang dilakukan aparat keamanan saat ini hanya dilakukan di luar jalan tol.

"Saat Lebaran jalan tol Permai tidak ada penutupan, dan tetap beroperasi seperti biasa. Karena penyekatan-penyekatan adanya di luar tol Permai," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya hingga kini belum ada mendapat instruksi dari Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera untuk membuat kebijakan penutupan jalan Tol Permai.

"Untuk sementara seperti arahan pusat (Hutama Karya). Dari Kementerian Perhubungan begitu juga, makanya kami tetap beroperasi seperti biasa," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan di tempat-tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang Tol Permai. "Di rest area kami bekerjasama dengan pihak-pihak terkait melakukan pengecekan para pengguna jalan Tol Permai," katanya.

Tol Permai sepanjang 131 KM diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September 2020. Bagian dari jaringan Tol Trans Sumatera itu kini menjadi urat nadi pergerakan orang dan barang di Riau, karena memangkas waktu tempuh dari Pekanbaru ke Dumai menjadi sekitar dua jam, dari sebelumnya memakan waktu hingga enam jam.

Jalur tol tersebut ada yang mengarah ke Sumatera Utara, sehingga kerap digunakan warga dari Riau dan sebaliknya untuk memangkas jarak dan waktu tempuh antarprovinsi. Karena itu, aparat kepolisian dan instansi terkait kini melakukan penyekatan di akses menuju gerbang tol tersebut.

Baca juga: Hutama Karya kampanyekan Selamat Sampai Tujuan di Tol Pekanbaru-Dumai
Baca juga: Daerah jelajah gajah sekitar Tol Permai dihijaukan ribuan pohon buah

 

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar