Jakarta (Antara/Business Wire) - Ketika pandemi membuat banyak acara tatap muka ditunda bahkan dibatalkan, seluruh kegiatan mulai beralih ke platform daring, termasuk pagelaran seni dan budaya. Saat ini, pelan tapi pasti, perjalanan internasional mulai dibuka dan beberapa acara juga mulai dihidupkan, termasuk mengkombinasikan platform daring dan juga tatap muka, seperti perhelatan tahunan seni dan budaya yang digelar di Hong Kong.

Di bulan Mei ini, Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board – HKTB), kembali menggelar perhelatan tahunan bertajuk ‘Arts in Hong Kong’, sebuah program yang dibuat untuk mendukung serangkaian acara seni besar, baik dalam format tatap muka maupun digital, yang diselenggarakan oleh lembaga budaya di Hong Kong. Perhelatan ini untuk memastikan bahwa para penikmat seni dapat kembali terhubung dengan seni dan budaya di Hong Kong, baik secara langsung ataupun melalui format virtual bagi mereka yang berada di luar Hong Kong.

Penyelenggaraan Acara Internasional Secara Aman

Setelah absen karena pandemi, Art Basel Hong Kong secara resmi dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 Mei 2021 di Hong Kong Convention and Exhibition Center (HKCEC). Lebih dari 100 galeri yang berlokasi di Asia, Eropa, dan Amerika telah mengkonfirmasi keikutsertaannya di acara ini. Selain itu, untuk pertama kalinya, acara Art Central akan berjalan secara bersamaan di HKCEC dan pameran ini gratis bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Tak hanya itu, acara tahunan French May akan menawarkan hiburan budaya, dengan lebih dari 100 acara mulai dari tanggal 1 Mei hingga 30 Juni 2021.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung dan juga peserta, sepanjang perhelatan ini pun akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk penggunaan masker, pengaturan keluar masuk pengunjung di dalam satu ruangan, pembatasan kapasitas pengunjung di dalam ruangan, serta pembersihan secara rutin.

Perhelatan Seni Tak Terbatas

Seni dipercaya memiliki kekuatan untuk mendobrak batasan, dan menyatukan serta menginspirasi banyak orang. Berkat kedalaman imajinasi dan kreativitas, komunitas seni di Hong Kong telah dengan gesit menghadirkan perhelatan seni yang memadukan format tatap muka dan virtual bagi penduduk di seluruh dunia.

Art Central dan Yim Tin Tsai Arts Festival 2021 adalah dua pameran yang mengadopsi model hybrid (di mana akan menggabungkan medium tatap muka dan virtual). Selain itu Art Basel juga akan meluncurkan proyek digital baru, yakni 'Art Basel Live: Hong Kong' yang juga akan didukung oleh pertunjukkan secara fisik. Sementara itu, program PLUS dari Festival Seni Hong Kong ini akan menawarkan berbagai pengalaman hybrid antara virtual dan tatap muka. Museum M + di West Kowloon Cultural District akan menyediakan pemutaran film secara online sesuai permintaan pengunjung.

Kontribusi HKTB dalam Arts in Hong Kong

Melalui situs khusus www.discoverhongkong.com/Arts, HKTB akan secara aktif berkontribusi pada kebangkitan seni Hong Kong. Ini merupakan platform lengkap yang menawarkan informasi penting tentang ‘Arts in Hong Kong’ dan menggabungkan pameran online, rencana perjalanan seni, kalender acara, penawaran artistik, wawancara dengan para seniman Hong Kong, dan banyak keseruan lainnya.

Untuk pertunjukkan virtual, baik lokal maupun internasional, bisa disaksikan oleh para penonton di seluruh dunia dari kediaman mereka masing-masing. Pertunjukkan ini juga termasuk film pendek interaktif yang dibintangi oleh dua selebriti Hong Kong, Ivana Wong – seniman multitalenta, dan Kearen Pang – produser dan sutradara film. Film pendek ini akan menampikan beberapa area terbaik di Hong Kong, yakni Tai Kwun, The Mills, dan West Kowloon Cultural District.

Sementara kita semua menunggu perjalanan internasional kembali dibuka lebar, berbagai pengalaman virtual di Arts in Hong Kong ini menunjukkan betapa kayanya budaya Hong Kong dan kemampuannya untuk tetap gesit beradaptasi dengan keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

10 Acara Seni Yang Sayang Untuk Dilewatkan di ART BASEL 2021

 Event                          Details

1 Art Basel* Diadakan dari tanggal 21 hingga 23 Mei di HKCEC, pameran seni terkemuka di dunia ini menghadirkan format hybrid, yang akan menampilkan 104 galeri bergengsi dari 23 negara. Baru tahun ini, ‘Art Basel Live: Hong Kong’ akan menyiarkan pameran tersebut kepada penonton global. www.artbasel.com/hong-kong

2 Art Central* Untuk pertama kalinya, pameran satelit Art Central (20-23 Mei) akan berlangsung bersamaan dengan Art Basel di HKCEC. Seluruh karya dapat dibeli secara langsung atau melalui platform online, dan program bincang-bincang yang diselenggarakan oleh Asia Society Hong Kong Center akan disiarkan secara online di http://artcentralhongkong.com/

3 West Kowloon Cultural District* M+ Museum yang berlokasi di West Kowloon Cultural District, menawarkan pemutaran film dokumenter: Cinema, Disrupted. Akan ada juga diskusi film Part Two: Interrupted Legacies di mana pemutaran film ini bisa disaksikan mulai tanggal 6 hingga 16 Mei 2021. www.westkowloon.hk/en/mplus/whats-on-51/m-screenings-online-cinema-disrupted

4 French May & French GourMay Perhelatan tahunan French May (1 Mei – 30 Juni 2021) merupakan pesta multikultural yang terdiri dari lebih dari 100 acara tatap muka, yang mencakup seni, desain, opera, klasik, konser pop, tari, film, dan banyak lagi. www.frenchmay.com/en/home/
French GourMay (1 hingga 31 Mei 2021) merupakan undangan untuk menemukan (kembali) warisan gastronomi Prancis. www.frenchgourmay.com/

5 Hong Kong Museum of Art Inisiatif dari HKMoA bertajuk 'Art For Everyone' (yang bisa disaksikan hingga 23 Mei 2021), akan menampilkan 100 karya seni dari koleksi museum, yang ditampilkan di seluruh Hong Kong, dan dilengkapi dengan pengalaman augmented reality. Untuk melihatnya, bisa diakses melalui www.artforeveryone.hk/

Acara ini juga akan menyelenggarakan pameran surealis yang cukup besar, yang menampilkan 100 karya seni dari Paris’ Centre Pompidou, mulai dari 21 Mei hingga September 2021. https://hk.art.museum/

6 Tai Kwun Pusat warisan seni dan budaya ini akan menjadi tuan rumah pertunjukan sendratari oleh seniman lokal yang bertema ‘SPOTLIGHT’ (yang akan berlangsung hingga 16 Mei 2021).

7 Yim Tin Tsai Arts Festival 2021* Festival seni komunitas ini adalah kesempatan untuk melihat desa Yim Tim Tsai yang memiliki latar belakang Katolik Roma dan Hakka. Edisi ketiga dari festival ini akan menampilkan 31 karya seni, termasuk 14 karya baru, tersedia di tempat dan juga bisa dinikmati secara virtual. Festival ini akan berlangsung hingga 16 Juli 2021.

8 HKwalls Festival mural tahunan Hong Kong (tanggal 8 hingga 16 Mei 2021) kembali hadir dengan pengambilalihan ruang tembok di distrik tepi laut Sai Kung. Sementara itu, pameran bertema 'Alat Perdagangan' tentang sejarah street art akan berlangsung hingga tanggal 6 Juni 2021 di Soho House. https://hkwalls.org/

9 Hong Kong Arts Festival* Program PLUS festival tahunan akan menggunakan format digital yang menghubungkan penonton baik di lokasi atau pun di seluruh dunia. Program ini tersedia hingga bulan Juni 2021 akan menjadi bagian dari rangkaian program hybrid, dan dan pemutaran film bioskop dan dokumenter secara online.

10 ‘Arts in Hong Kong’ campaign website* HKTB akan membawa perhelatan seni ini ke panggung internasional melalui website khusus bertajuk ‘Arts in Hong Kong’. Ini merupakan platform lengkap yang akan menawarkan informasi penting mulai dari pertunjukkan online, rencana perjalanan seni, kalender acara, penawaran artistik, wawancara dengan para seniman Hong Kong, dan banyak keseruan lainnya.
*Dapat diakses melalui platform virtual

– Selesai –

Untuk foto beresolusi tinggi, silakan diunduh di sini:

Untuk informasi lebih lanjut:
Chessa At-Thariq
0811-168-096

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021