Menko Luhut: Indonesia ingin serius kembangkan ekonomi biru

id ekonomi biru,menko luhut,potensi maritim

Menko Luhut: Indonesia ingin serius kembangkan ekonomi biru

Dokumentasi - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ekonomi biru (blue economy) jadi arah kebijakan ekonomi yang akan dikembangkan Indonesia guna mengelola potensi maritim yang dimiliki.

"Apa yang disebut ekonomi biru, inilah yang menjadi arah kebijakan ekonomi yang sedang kita kembangkan. Blue economy ini jadi betul-betul target pemerintah untuk kita bisa implementasikan," kata Menko Luhut dalam webinar bertajuk Revitalisasi Kebijakan Ekonomi Maritim dalam Mendukung Kualitas Pemulihan Nasional, Jumat.

Menko Luhut menjelaskan sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi sektor kemaritiman yang sangat besar. Indonesia yang 75 persen wilayahnya merupakan lautan, memiliki potensi ekosistem terumbu karang yang luasnya mencapai 2,5 juta hektare serta bakau (mangrove) seluas 3,31 juta hektare. Potensi tersebut dinilai memiliki nilai ekonomi yang sangat besar.

Pengembangan ekonomi maritim, lanjut Menko Luhut, akan diarahkan untuk mentransformasi keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif. Hal itu bertujuan untuk memperkuat sektor ekonomi sekaligus jadi motor pertumbuhan ekonomi baru di masa mendatang.

Baca juga: Presiden Jokowi: RI harus dapat manfaat dari ekonomi hijau dan biru

"Ini untuk memperkuat sektor ekonomi sekaligus jadi pertumbuhan ekonomi baru untuk mencapai tujuan pembangunan nasional," kata Menko Luhut.

Lebih lanjut, mantan Menko Polhukam itu mengingatkan agar strategi pembangunan kemaritiman ke depan agar tak fokus pada satu sektor saja tetapi juga membangun dari semua lini sektor secara bersama-sama.

Dengan demikian, pengembangan ekonomi maritim diharapkan bukan hanya untuk meningkatkan pertumbuhan tapi juga bisa lebih inklusif mengurangi ketimpangan antarwilayah.

"Melalui upaya seperti penyederhanaan regulasi dan perizinan, penguatan ekspor hingga adanya stimulus dari pemerintah, saya yakin upaya pemerintah untuk menjadikan negara ini mampu mengelola ekonomi kemaritimannya dapat tercapai," ujar Menko Luhut.

Baca juga: Program PEN dukung implementasi ekonomi biru di Indonesia

Baca juga: Bank Dunia tekankan ekonomi laut berkelanjutan demi kesejahteraan RI


 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar