lebih dulu melihat-lihat sosial media sebelum memutuskan untuk datang.
Jakarta (ANTARA) - Pusat perbelanjaan Pasar Tanah Abang Blok A dan B, Jakarta Pusat, terpantau lengang pada akhir pekan.

Pantauan di lokasi pada Sabtu siang, pusat perbelanjaan Tanah Abang terlihat cukup lengang dibandingkan dengan lonjakan pengunjung yang sempat viral pada akhir pekan lalu (1/5).

Salah satu pengunjung Pasar Tanah Abang, Nita (32) mengaku lebih dulu melihat-lihat sosial media sebelum memutuskan untuk datang.

Baca juga: Animo pengguna bus gratis di Stasiun Tanah Abang meningkat

"Cek di Instagram dulu ya, kalau ternyata ada yang upload Tanah Abang padat seperti kemarin lebih baik saya tunda belanja atau belanja online atau malah cari tempat lain buat belanja," ujarnya saat ditemui Antara di Pasar Tanah Abang Blok A, Sabtu.

Salah seorang pengunjung lainnya Oka (30) mengatakan kalau saat ini fokus masyarakat lebih ke mudik.

Dia menilai euforia belanja masyarakat puncaknya adalah akhir pekan kemarin karena kebanyakan orang menerima gaji dan tunjangan hari raya (THR) di akhir pekan lalu.

Baca juga: Pengelola: Pasar Tanah Abang ditutup mulai 12 Mei untuk perawatan

"Minggu kemarin orang-orang baru terima THR dan gaji, Tanah Abang pasti ramai dengan yang belanja baju lebaran. Kalau sekarang orang pasti fokus mencari akal buat mudik, jadi semangat belanjanya sudah lewat," ujarnya.

Sebelumnya sempat viral di media sosial video situasi Pasar Tanah Abang yang pengunjungnya membeludak pada Sabtu (1/5).

Keesokan harinya pada Minggu (2/5), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca juga: Bijak berbelanja kebutuhan lebaran

Ketiganya menggelar inspeksi Pasar Tanah Abang setelah beredarnya video viral pengunjung Pasar Tanah Abang jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Polda Metro Jaya bersama TNI telah mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebanyak 2.500 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengawasi protokol kesehatan dan mengantisipasi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang,

Petugas yang disiapkan akan disebar untuk mengawal sejumlah titik rawan kerumunan di Pasar Tanah Abang.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021