Pesantren sedang libur. Sedang tidak ada santri yang belajar dan Pak Kyai menyediakan tempatnya untuk dijadikan lokasi pengungsian.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.449 jiwa atau 375 Kepala Keluarga (KK)  korban kebakaran di RW 04 Kelurahan Kapuk Muara, Jakarta Utara pada Sabtu malam (8/5)  sementara ini menempati Pondok Pesantren Khairul Ummah.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim saat meninjau lokasi kebakaran di RW 04 Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (9/5), mengatakan Pondok Pesantren Khairul Ummah yang berlokasi di RT 03/ RW 05 Jalan Kapuk Muara Raya, Jakarta Utara itu mudah diakses oleh warga RW 04 karena tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Baca juga: 21 unit damkar padamkan kebakaran gudang karpet Kapuk Muara

"Pesantren sedang libur. Sedang tidak ada santri yang belajar dan Pak Kyai menyediakan tempatnya untuk dijadikan lokasi pengungsian. Lokasi pesantren juga tidak jauh dari lokasi kebakaran, sehingga mudah untuk para kepala keluarga untuk bolak-balik merapikan rumahnya pada lokasi kebakaran semalam," ujar Ali dalam akun instagram @kominfotik_ju di Jakarta, Minggu.

Ali berharap masyarakat Jakarta Utara yang lain  ikut membantu, menyisihkan waktu dan berbagi rezekinya, untuk warga RW 04 Kelurahan Kapuk Muara yang sedang tertimpa bencana kebakaran tersebut.

Baca juga: Kehati nilai ada perbaikan habitat di hutan lindung Angke Kapuk

"Ini semua musibah dalam masa pandemi dan dalam bulan suci Ramadan, saatnya untuk saling berbagi. Untuk seluruh masyarakat Jakarta Utara yang ingin mendulang amal, sekarang waktunya," kata Ali.

Pada Sabtu malam pukul 23.31 WIB, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara menerima informasi kebakaran yang melanda rumah jenis lapak itu dari masyarakat.

Sebanyak 15 unit mobil pemadam dikerahkan dari Gulkarmat Jakarta Utara dan dua unit lainnya bantuan dari Sudin Gulkarmat Jakarta Barat untuk memadamkan api.

Baca juga: Gulkarmat kerahkan 17 damkar atasi kebakaran rumah di Jakut

"Petugas yang dikerahkan sebanyak 75 orang," kata Petugas Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara Rangga di Jakarta Utara, Minggu dini hari.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021