Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah pegunungan, pantai barat, lereng timur Sumatera Utara

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah I Medan, Senin, disebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara siang hari cerah berawan hingga hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Lereng Barat, Pegunungan, dan Sebagian Lereng Timur Sumatera Utara dan sekitarnya.

Sore hingga malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah pegunungan, lereng barat, lereng timur dan pantai barat Sumatera Utara, untuk wilayah pantai timur hujan diprakirakan ringan-sedang.

Dini hari berawan-hujan ringan di sebagian daerah Lereng Barat dan pegunungan Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Sumut berpotensi hujan lebat sore hingga malam

Sementara suhu udara 24.0-33.0 derajat Celsius, kelembapan udara 60-95 persen, angin berhembus dari utara ke tenggara dengan kecepatan 5-30 km per jam.

Prakiraan gelombang laut di Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias cukup tinggi 2.5- 4.0 meter.

Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh- Sinabang, Perairan Nias-Sibolga kategori sedang dengan ketinggian 1.25-2.5 meter.

Baca juga: Suhu udara di Sumut meningkat, capai 34 derajat Celsius
Baca juga: BBMKG: Sirkulasi Eddy munculkan cuaca ekstrem di Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021