Mesuji (ANTARA) - PT Hutama Karya pengelola tol Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) mencatat arus kendaraan yang masuk dan keluar dari wilayah Sumatera Selatan menuju Lampung pada H-2 menjelang Idul Fitri 1442 H/2021 mengalami penurunan sampai 42 persen dari hari biasanya.

“Kendaraan yang masuk dan keluar dari arah Palembang, Sumatera Selatan, mengalami penurunan pada H-2 Lebaran,” kata Branch Manager PT Hutama Karya ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) Yoni Satyo Wisnuwardhono, di Mesuji, Selasa.

Menurutnya, penurunan kendaraan ini terjadi dikarenakan ada penyekatan di Gerbang Tol (GT) Kramasan, Sumatera Selatan.

Ia mengatakan, untuk yang masuk dari gerbang tol Simpang Pematang naik 74 persen dari hari biasanya, sedangkan yang keluar melalui gerbang tol Simpang Pematang naik menjadi 103 persen dari hari biasanya.

Baca juga: PT HK sebut ada dua titik penyekatan kendaraan di ruas Tol Terpeka

Baca juga: Ditlantas Polda Lampung gelar patroli di Jalan Tol Trans Sumatera


"Meningkatnya kendaraan yang keluar dari gerbang tol Simpang Pematang, karena akan dilakukan penyaringan oleh petugas, kendaraan mana yang boleh melanjutkan perjalanan dan kendaraan mana saja yang harus putar balik ke provinsi asal," katanya.

Yoni menjelaskan, untuk gerbang tol Kayu Agung, kendaraan yang masuk mengalami penurunan 47 persen dan kendaraan yang keluar mengalami penurunan 40 persen dari hari biasanya.

Selanjutnya, untuk GT Kayu Agung Utama kendaraan yang masuk mengalami penurunan 42 persen.

Yoni mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, seperti berkendara dengan kondisi prima dan menepi apabila merasakan kantuk, memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik dan menggunakan satu kartu hanya digunakan untuk satu kendaraan dengan satu kali taping dan keselamatan adalah nomor satu.*

Baca juga: PT HK dan PJR Polda Lampung sosialisasikan speed gun kepada pengendara

Baca juga: Cegah kecelakaan, Hutama Karya gelar operasi "microsleep" Tol Terpeka

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021