Jakarta (ANTARA News) - Ibu Ani Yudhoyono, Minggu pagi menghadiri peringatan Program Pekan Air Susu Ibu (ASI) Dunia tingkat nasional yang berlangsung di Silang Monas Jakarta.

Rangkaian Pekan ASI Dunia 2010 telah dimulai sejak Juli 2010 meliputi beberapa kegiatan antara lain workshop penerapan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui dan penyebarluasan informasi mengenai menyusui dengan ASI melalui berbagai media dan saran komunikasi lainnya.

Peringatan Pekan ASI Dunia tersebut dihadiri sekitar 3.500 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Hadir dalam acara tersebut Menko Kesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amelia Sari, Menakertrans Muhaimin Iskandar dan menteri kabinet lainnya.

Dalam acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB tersebut, Ibu Negara akan menyerahkan penghargaan kepada Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Tati Fauzi Bowo dan Kepala Dinas Kesehatan Klaten dr.Ronny Roekmito atas peranan mereka dalam program pemberian ASI pada bayi.

Penyelenggaraan Pekan ASI sedunia adalah suatu gerakan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia pada setiap pekan pertama di bulan Agustus. Tujuannya adalah agar setiap negara secara terus- menerus memberikan dukungan atas upaya untuk membantu ibu agar menyusui bayi mereka.

Tema pekan ASI sedunia 2010 adalah "Menyusui : sepuluh langkah menuju sayang bayi".

Berdasarkan data Susenas 2004 sampai 2008, cakupan pemberian ASI eksklusif pada seluruh bayi di bawah enam bulan meningkat 58,9 persen pada 2004 menjadi 62,2 persen pada 2007. Namun kemudian menurun menjadi 56,2 persen pada 2008.

Dalam keterangannya Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih harus terus ditingkatkan. Ia mengatakan pemerintah akan berusaha terus meningkatkan cakupan ibu yang menyusui. (P008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010