Pengunjung ke ponpes untuk melihat Al Quran raksasa mengalami peningkatan cukup tinggi. Kalau hari biasa sekitar puluhan pengunjung kini meningkat hingga 200 orang pada hari kedua Lebaran 2021 ini
Palembang (ANTARA) - Pengunjung objek wisata religi Al Quran Al-Akbar koleksi Pondok Pesantren Modern Gandus di Palembang, Sumatera Selatan pada hari kedua Idul Fitri (Lebaran) 1442 Hijriah/2021, pada Jumat meningkat.

"Pengunjung ke ponpes untuk melihat Al Quran raksasa mengalami peningkatan cukup tinggi. Kalau hari biasa sekitar puluhan pengunjung kini meningkat hingga 200 orang pada hari kedua Lebaran 2021 ini," kata petugas wisata religi Al Quran Al- Akbar, Rusdi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam suasana Lebaran ini banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu liburannya untuk melakukan wisata religi seperti mengunjungi ponpes ini yang dikenal memiliki koleksi unik, berupa Al Quran dengan ukuran besar yang terbuat dari kayu yang diukir ayat-ayat di kitab suci umat Islam tersebut.

Ia mengakui pengunjung ke tempat tersebut sebagian besar warga Palembang karena sekarang ini dalam kondisi pandemi COVID-19 dan adanya larangan mudik.

"Biasanya pengunjung lebih banyak lagi dari berbagai daerah dalam wilayah Sumsel, Jakarta, Surabaya dan provinsi lainnya, namun kini sebagian besar warga Palembang karena dalam kondisi pandemi," katanya.

Dia menjelaskan dalam kondisi normal, pengunjung tempat itu bukan hanya warga lokal dan rombongan siswa dari berbagai sekolah serta komunitas tertentu, namun diramaikan pengunjung dari luar kota.

Berdasarkan data, setiap pekannya tercatat pengunjung ke ponpes ini bisa mencapai 2.000-3000 orang atau dalam setahunnya bisa mencapai 500 ribu hingga satu juta pengunjung.

Untuk berkunjung ke tempat ini, pihaknya membuat aturan yang harus ditaati, yakni pengunjung  wajib mematuhi protokol kesehatan antisipasi COVID-19, dan wajib memakai hijab atau kerudung bagi kaum perempuan.

Sedangkan bagi laki-laki harus memakai celana panjang/pakaian yang sopan, serta membayar infak / tiket masuk Rp20.000 per orang untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak, demikian Rusdi.

Baca juga: Presiden resmikan Al Quran akbar Palembang

Baca juga: Pelindo 1 gelar tabligh akbar dan haflah Al Quran

Baca juga: Pengunjung Al Quran Al Akbar Palembang meningkat

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021