Jakarta (ANTARA) - Film reboot "Dune" karya sutradara Denis Villeneuve diperkirakan akan tayang perdana di Festival Film Venesia, mengutip Variety pada Minggu. Studio Warner Bros., distributor film dan festival tidak menanggapi permintaan konfirmasi. Villeneuve terakhir terlibat di Venesia melalui film sci-fi "Arrival" (2016).

Film lain yang dikabarkan akan hadir di festival film tertua di dunia itu adalah drama Paolo Sorrentino "The Hand of God", yang merupakan Netflix Originals dari Italia.

Seperti yang diantisipasi sebelumnya oleh Variety, "On a Half Clear Morning" (alias "Prancis") karya auteur Prancis Bruno Dumont, menampilkan Lea Seydoux sebagai jurnalis selebriti yang hidupnya terbalik karena kecelakaan mobil. Selanjutnya, "Lost Illusions" dari Xavier Giannoli, yang merupakan sebuah adaptasi dari novel serial klasik Honoré de Balzac, juga kemungkinan besar akan diluncurkan di Venesia.

Festival Film Venesia sendiri tengah bersiap untuk melangsungkan perhelatan secara fisik di bulan September dengan "suasana kembali ke normal".

Baca juga: "Dune", film baru Timothee Chalamet dengan Denis Villeneuve

Sementara Festival Film Toronto, yang berlangsung pada 9-18 September, tetap berpegang pada kombinasi pemutaran digital dan langsung, seperti halnya Festival Film Sundance 2022.

Festival Film Venesia direncanakan untuk menjadi perayaan bioskop secara langsung dengan ratusan jurnalis dan lusinan delegasi film, yang diharapkan melakukan perjalanan ke Lido, Italia dari seluruh dunia.

Itu adalah salah satu skenario dari organisasi induk festival, Venice Biennale, yang ingin melakukan Architecture Biennale mendatang yang bertema "How Will We Live Together?" dan dibuka di Venesia pada 22 Mei.

Delegasi yang mewakili lebih dari 100 proyek Architecture Biennale diharapkan segera tiba di Venesia dari 46 negara, bersama dengan lebih dari 400 jurnalis internasional. Mereka akan mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan sesuai dengan peraturan COVID-19 Italia. Wilayah Veneto saat ini berisiko lebih rendah yang disebut "zona kuning" di mana bar dan restoran dapat tetap buka sepanjang hari, meskipun hanya untuk konsumsi di luar ruangan. Masker masih wajib dikenakan.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi dalam upaya untuk meluncurkan kembali pariwisata telah mengumumkan rencana Italia pada pertengahan Mei untuk memperkenalkan "izin masuk hijau" (green pass) yang membuktikan bahwa pemegangnya telah divaksinasi, telah pulih dari COVID, atau telah dites negatif.

Berkat peningkatan kedatangan yang diharapkan yang diberikan oleh Architecture Biennale, sekarang ada harapan bahwa 70 persen hotel di Venesia akan dibuka kembali pada akhir Mei, menurut kepala pengelola perhotelan Venesia Claudio Scarpa kepada kantor berita Italia Adnkronos.

Prospeknya adalah pada bulan September Venesia akan cukup aman dan mudah dijangkau bagi wisatawan yang divaksinasi dari sebagian besar negara.

Venesia tahun lalu adalah satu-satunya festival film papan atas yang melakukan perhelatan secara fisik, meskipun dengan lebih sedikit sineas papan atas dari biasanya, dan kontingen yang lebih kecil dari tamu internasional dan jurnalis yang hadir.

Meski demikian, perhelatannya di 2020 menetapkan Chloé Zhao memenangi penghargaan utama untuk karyanya, "Nomadland", yang meraih tiga piala Oscar tahun ini.

Sementara itu, sutradara "Parasite" Bong Joon-Ho akan memimpin sebagai juri utama Festival Film Venesia, sementara aktris Italia Serena Rossi ("Love and Bullets," "Diabolik") akan berperan sebagai pembawa acara. Pemenang Oscar Roberto Benigni ("Life is Beautiful") akan dianugerahi penghargaan pencapaian seumur hidup.

Baca juga: Timothee Chalamet, Jason Momoa ingin "Dune" tetap tayang di bioskop

Baca juga: "Dune" mundur tayang hingga 1 Oktober 2021

Baca juga: Cuplikan terbaru film "Dune", film sci-fi Timothee Chalamet

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021