Polsek Cengkareng laksanakan rapid antigen kepada 12 pemudik

id Polsek Cengkareng,Rapid antigen,Mudik,balik mudik,Arus balik

Polsek Cengkareng laksanakan rapid antigen kepada 12 pemudik

Polsek Cengkareng melaksanakan "rapid test" antigen terhadap warga yang mengikuti arus balik libur lebaran 1442 Hijriah di Jakarta pada Minggu (17/5/2021). (ANTARA/ HO-Humas Polsek Cengkareng)

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Cengkareng melaksanakan tes cepat (rapid test) antigen gratis kepada 12 warga dari Kampung Duri RT 004/ RW05, Kosambi, Cengkareng dan   Kampung Tangguh Jaya RW 16, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (16/5) yang melakukan mudik selama libur lebaran.

Kepala Polsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Komisaris Polisi Egman, SH mengatakan kedua belas warga tersebut baru saja balik dari kampung halaman.

Baca juga: Jakarta kemarin, volume sampah Lebaran hingga "swab" antigen pemudik

"Kami memberikan fasilitas swab test antigen ini gratis kepada warga sebagai bentuk kepedulian Polri  dalam menekan penyebaran wabah virus COVID-19 di wilayah Jakarta Barat," ujar Kompol Egman, di Jakarta, Senin.

Egman menuturkan pelaksanaan swab antigen ini dilakukan oleh tenaga medis Bidan Nike. Sedangkan pendataan ulang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dibantu ketua RT dan RW setempat.

Baca juga: Polsek Pulogadung sediakan posko tes usap antigen bagi pemudik

"Untuk memastikan warga tersebut adalah sebagian dari pemudik yang baru datang, maka terlebih dulu didata oleh Bhabinkamtibmas dibantu ketua RT dan RW setempat," ujar Egman.

Egman berharap dengan diselenggarakannya swab antigen secara serempak ini dapat memutus penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan ke-12 warga tersebut memiliki hasil tes non-reaktif.

Baca juga: IWD desak pemerintah tambah kuota WFH cegah klaster perkantoran

Lebih jauh, Egman berpesan kepada seluruh pemudik agar melakukan tes cepat (rapid test) antigen saat kembali ke rumah di Jakarta, guna mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Dengan menjalankan swab antigen maka kita termasuk sudah melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyebaran COVID-19," ujar Egman.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar