Trafik data Indosat Ooredoo saat Lebaran 2021 naik 10 persen

id indosat ooredoo,trafik jaringan lebaran 2021

Trafik data Indosat Ooredoo saat Lebaran 2021 naik 10 persen

Dokumentasi tim teknisi Indosat Ooredoo memantau jaringan telekomunikasi dan data untuk memastikan tidak terjadi gangguan. ANTARA/HO-Indosat Ooredoo

Jakarta (ANTARA) - Trafik data Indosat Ooredoo saat Lebaran 2021 naik 10 persen dibanding hari biasa yang didorong oleh pemberlakuan kembali pengetatan mobilitas masyarakat sehingga silaturahim dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi digital.

Peningkatan kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia, khususnya di layanan data ini, juga telah diantisipasi sejak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video.

"Dampaknya adalah lonjakan kenaikan trafik data selama masa Lebaran tahun ini berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9 persen lebih cepat dibandingkan hari biasa," kata Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Di sisi lain, ia menambahkan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37 persen di masa Lebaran 2021.

Baca juga: Indosat Ooredoo tambah kapasitas jaringan 4G jelang Lebaran

Menurut dia, lebih dari 90 persen tiket pengaduan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam. Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.

"Pelanggan Indosat Ooredoo juga tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa cuti dan liburan sekolah dalam seminggu ke depan," katanya.

Sementara itu, melalui data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data di masa Lebaran tahun ini khususnya di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 Lebaran mencatat masyarakat yang tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, Kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, dan Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data yang kualitasnya dipantau terus-menerus selama 24 jam sehari.

Baca juga: Pendapatan Indosat Ooredoo kuartal I tumbuh 13 persen

Peningkatan trafik telekomunikasi dan pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis juga mampu diantisipasi melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/AI dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun lalu.

Tercatat pemakaian layanan mobile gaming naik sebesar 90 persen, media sosial naik 26 persen, messaging dan video call naik 21 persen, serta streaming video dan musik naik 1 persen.

Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam selama masa Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Baca juga: Indosat Ooredoo uji coba lapangan OpenRAN jaringan 4G

Baca juga: Indosat Ooredoo jual lebih 4.200 menara


 

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar