Hendak bakar bendera Israel, peserta aksi diamankan Polisi

id Aksi ,Palestina,Israel

Hendak bakar bendera Israel, peserta aksi diamankan Polisi

Peserta aksi Bela Palestina hendak membakar bendera Israel dalam aksi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta Pusat, Jumat (ANTARA/MENTARI DWI GAYATI)

Jakarta (ANTARA) - Seorang peserta aksi bela Palestina diamankan  petugas kepolisian menggunakan mobil tahanan ke Polda Metro Jaya, karena hendak membakar bendera Israel di tengah-tengah aksi massa tersebut.

Peserta aksi tersebut memakai topeng Salvador Dali lengkap dengan "jumpsuit" merah khas serial Money Heist.

"(Diamankan) karena hendak aksi bakar-bakar," kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto saat ditemui di lokasi aksi Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Belasan peserta aksi dari HMI diamankan polisi ke Polda Metro

Polisi juga mengamankan dua peserta aksi lainnya ke dalam mobil tahanan untuk dibawa ke Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Polisi juga telah mengamankan sedikitnya 12 peserta aksi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) karena dianggap mengganggu ketertiban umum, yakni menghambat laju lalu lintas di Jalan M. Ridwan Rais, Jakarta Pusat.

Baca juga: Topeng Salvador Dali hingga "flare" warnai aksi bela Palestina

"Kami diminta mengamankan mereka yang menjalani aksi tetapi harus ingat bahwa hak mereka untuk menyampaikan pendapat dibatasi kewajiban untuk menghormati hak orang lain dan aturan yang berlaku," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi.

Hingga berita ini diturunkan, aksi bela Palestina di Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta Pusat, masih berlangsung, namun jumlah peserta sudah menurun.

Baca juga: Anak-anak ikut aksi bela Palestina di depan Kedubes AS

Ribuan personil gabungan dari TNI, Polri, masih menjaga kawasan aksi. Jalan Medan Merdeka Selatan pun masih ditutup dari kedua lajur.

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar