Jakarta (ANTARA) - Kentaro Miura, pencipta serial komik (manga) fantasi populer "Berserk", meninggal dunia pada tanggal 6 Mei akibat diseksi jantung aorta akut, dikutip dari Variety, Sabtu. Dia berusia 54 tahun.

"Miura-sensei adalah seniman dan storyteller ahli, dan kami memiliki hak istimewa untuk menerbitkan beberapa karya terbaiknya, termasuk mahakaryanya, 'Berserk.' Dia akan sangat dirindukan. Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga dan orang yang dicintainya," kata Dark Horser Comics, yang menerbitkan "Berserk" versi bahasa Inggris.

"Berserk" adalah salah satu manga terlama dan paling populer sepanjang masa. Miura menulis dan mengilustrasikan serial tersebut, yang diluncurkan pada tahun 1989 dan berlanjut hingga hari ini. Serial ini berlatarkan dunia gelap, abad pertengahan, terinspirasi Eropa dan mengikuti dua tentara bayaran bernama Guts dan Griffith.

Sejak pembuatannya, seri ini memiliki lebih dari 50 juta salinan fisik dan digital yang beredar. Seri ini berjumlah lebih dari 350 edisi yang diterbitkan dalam 40 volume

Manga tersebut melahirkan dua serial TV. Yang pertama dirilis pada 1997 dan terdiri dari 25 episode, diproduksi oleh Oriental Light and Magic dan disiarkan di Nippon TV hingga 1998.

Seri kedua dirilis dalam 24 episode antara 2017 dan 2018 di saluran lokal Jepang sebelum menyebar ke distributor Amerika Crunchyroll dan Funimation .

Trilogi film berdasarkan serial tersebut juga dirilis di Jepang, begitu pula dua video game dan barang dagangan lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Selain "Berserk", karya Miura lainnya termasuk "Futatabi", "King of Wolves", "Ourou Den", "Japan," "Gigantomakhia", dan "Duranki." Penggemar berduka atas kematian artis dan penulis di media sosial, berbagi karya seni dari serial manganya sebagai penghormatan.


Baca juga: Komposer "Dragon Ball" Shunsuke Kikuchi meninggal dunia

Baca juga: Hoshino Gen dan Aragaki Yui resmi menikah

Baca juga: "Detective Conan: The Scarlet Bullet" cetak rekor baru di Jepang

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021