Kita apresiasi investasi seperti ini karena mendukung pembangunan ekonomi pedesaan. Selain itu penghidupan para peternak sapi perah akan lebih baik dengan terserapnya sebanyak mungkin bahan baku lokal
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattaliti menyambut baik investasi PT Nestle Indonesia yang akan membangun pabrik baru di kawasan industri Batang Industrial Park, Bandaraya, Batang, Jawa Tengah.

Menurut LaNyalla, pendirian pabrik akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesempatan usaha baru di bidang pengembangan peternakan sapi perah bagi komunitas petani.

"Selain menyerap tenaga kerja, keberadaan pabrik menciptakan usaha baru seperti pemasok bahan baku susu segar dan bahan pendukung lainnya," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

PT Nestle Indonesia mengucurkan investasi sebesar 220 juta dolar AS atau setara Rp 3,14 triliun untuk membangun pabrik Bandaraya dan peningkatan kapasitas di tiga pabrik lainnya.

Kapasitas produksi pabrik Bandaraya rencananya mencapai 775.000 ton per tahun dan akan mulai beroperasi tahun 2023.

Sejauh ini, Nestle Indonesia telah membeli lebih dari 750 ribu liter susu segar dari 26 ribu peternak sapi perah yang tergabung di 42 koperasi susu dan kelompok peternak sapi perah. Semua itu untuk memenuhi kebutuhan bahan baku susu segar di pabrik yang ada di Kejayan, Jatim.

Untuk pabrik baru di Batang, PT Nestle Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Pemkab Batang dalam mengembangkan kemitraan dengan calon peternak sapi perah dan kelompok peternak.

"Ini peluang yang harus dimanfaatkan pelaku usaha peternakan mengingat kebutuhan bahan baku susu akan sangat tinggi. Dinas Peternakan perlu membantu mempersiapkan usaha pengembangan sapi perah," sambungnya.

Meski begitu, senator asal Jawa Timur itu mengingatkan agar usaha perkoperasian, peternakan sapi perah serta bahan baku pendukungnya perlu dipersiapkan dengan manajemen yang profesional baik sebagai kemitraan maupun pemasok biasa.

"Perlu adanya bantuan teknis dan keuangan dari produsen maupun instansi terkait untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi," imbuh LaNyalla.

Pabrik baru yang akan dibangun di atas tanah seluas 19,8 hektare itu nantinya akan memproduksi produk susu cair Bear Brand dan minuman siap konsumsi Milo serta Nescafe.

"Kita apresiasi investasi seperti ini karena mendukung pembangunan ekonomi pedesaan. Selain itu penghidupan para peternak sapi perah akan lebih baik dengan terserapnya sebanyak mungkin bahan baku lokal," pungkas LaNyalla.

Baca juga: Nestle kucurkan 220 juta dolar AS, bangun pabrik baru di Batang
Baca juga: Produsen kaca Korea Selatan bangun pabrik Rp5 triliun di KIT Batang
Baca juga: LaNyalla harap pengelolaan dana desa bisa lebih optimal

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021