Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Addis Ababa menyelenggarakan turnamen golf di Ethiopia, menjadi kedutaan besar negara sahabat pertama, di antara lebih dari 100 kedutaan besar, di Ethiopia yang menggelar turnamen golf.

Turnamen Indonesia-Ethiopia Invitational and Friendship Golf Tournamen 2021 itu dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Urusan Asia dan Oseania Kemenlu Ethiopia, Molalign Asfaw, Sabtu (22/5), yang ditandai dengan pemukulan pertama bola golf di hole pertama.

"Saya mengharapkan kedutaan besar negara sahabat yang lain dapat pula menyelenggarakan tunamen golf seperti dilakukan Indonesia karena kegiatan ini tidak hanya olah raga untuk kesehatan, juga meningkatkan persahabatan antar bangsa," kata Molalign, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: KBRI bagikan paket bantuan COVID kepada WNI di Hawassa Ethiopia

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, menjelaskan bahwa turnamen golf tersebut diikuti oleh 50 orang, merupakan batas maksimal yang diizinkan oleh protokol COVID-19 di Ethiopia.

Mereka yang mengikuti turnamen tersebut di antaranya adalah pejabat pemerintah sipil dan militer, pengusaha, duta besar dan perwakilan organisasi internasional, termasuk dari Uni Afrika yang markas besarnya berada di Addis Ababa.

"Turnamen golf ini juga diselenggarakan dalam rangka merayakan 60 tahun hubungan Indonesia-Ethiopia dan akan diselenggarakan secara berkala. Para pemenang menerima piala yang langsung didatangkan dari Indonesia dan hadiah berupa produk Indonesia lainnya sebagai sarana promosi," kata Dubes Al Busyra.

Baca juga: Indonesia tegaskan Ethiopia tujuan investasi utama di Afrika

Pada turnamen tersebut, KBRI Addis Ababa juga menyelenggarakan promosi ekonomi Indonesia, antara lain produk-produk Indonesia yang telah dan berpotensi dipasarkan di Ethiopia.

Ethiopia berpenduduk 115 juta jiwa, nomor dua terbesar di benua Afrika setelah Nigeria. Produk yang dipromosikan tersebut antara lain Indomie dan sabun B-29.

Baca juga: Pandemi COVID-19, KBRI tak undang warga Ethiopia dalam upacara HUT RI

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021