Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hingga detik ini masih menjadi kader PDIP.
Solo (ANTARA) - Ketua DPC PDIP Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyayangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai kader partai tidak diundang dalam acara pengarahan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani kepada kader se-Jateng di Semarang.

Pada acara penutupan HUT Ke-48 PDIP sekaligus pengarahan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani kepada seluruh kader partai se-Jateng dalam rangka penguatan soliditas partai menuju Pemilu 2024, kata Hadi Rudyatmo di Solo, Senin, tidak dihadiri Ganjar Pranowo sebagai kader PDIP.

Padahal, lanjut Rudyatmo, undangan yang dikirim tersebut untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDIP, anggota Fraksi PDIP Provinsi Jateng, dan anggota DPR RI.

"Saya kemudian menghubungi Gubernur Ganjar Pranowo, dan menanyakan kenapa tidak hadir," kata Rudyatmo.

Baca juga: Ganjar Pranowo enggan komentari polemik dengan PDI Perjuangan

Seandainya Ganjar Pranowo mempunyai kesalahan menurut penilaian DPD dan DPP PDIP, dia menegaskan bahwa Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hingga detik ini masih menjadi kader PDIP.

Menurut Rudyatmo, tidak diundangnyta Gubernur Jateng ini harus segera dicarikan solusinya. Pertama, Gubernur harus dipanggil oleh pengurus DPD PDIP Jateng, dan kedua dibicarakan atau diselesaikan secara internal serta tidak dipublikasikan melalui media.

"Jika Gubernur itu dianggap salah atau tidak sesuai dengan aturan partai, diberikan surat peringatan satu hingga tiga kali," kata Rudyatmo yang juga sebagai sesepuh PDIP di Kota Surakarta.

Menurut Rudyatmo, jika Gubernur dinilai sudah melewati batas apakah beliau sudah dipanggil, misalnya terkait dengan survei capres. Padahal, itu bukan kemauan Gubernur.

Mantan Wali Kota Surakarta itu berharap Ketua DPD PDIP Jateng yang notabene Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu segera mengambil langkah yang bijaksana untuk memanggil Gubernur Jateng.

Ditegaskan pula oleh Rudyatmo bahwa semuanya calon presiden/wakil presiden dari partainya ditentukan oleh Ketua Umum PDIP.

"Saya mengalami sendiri pada zaman Pak Joko Widodo dengan saya sebagai pasangan calon pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, kemudian Mas Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, wali kota dan wakil kota sekarang," kata Rudyatmo.

Baca juga: Survei: Karier politik Ganjar di PDI Perjuangan di ujung tanduk

Ia mencontohkan Surakarta. Ketika proses di DPC, terpilih bakal pasangan calon Achmad Purnomo-Teguh Prakoso. Namun, Ketua Umum PDIP memutuskan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

"Sebagai kader partai, hukumnya wajib menaati, melaksanakan, dan memenangkan Pasangan Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa," ujarnya.

Rudyatmo memperkirakan pemilihan bakal pasangan calon presiden/wakil presiden di tubuh partainya juga seperti itu. Misalnya, Ganjar Pranowo melakukan survei sendiri tetapi Ketua Umum PDIP tidak memberikan rekomendasi, tidak mungkin bisa mencalonkan melalui partai tersebut.

Ia yakin Gubernur Ganjar Pranomo sebagai kader PDIP  akan taat dan patuh terhadap aturan partai. Pasalnya, dalam aturan partai, tidak ada yang melarang calon atau rakyat Indonesia melakukan survei.

"Hal ini dianggap biasa dan wajar sehingga harus diselesaikan secara internal partai," katanya menegaskan.

Jika Ganjar dinilai kebablasan selama ini, kata Rudy, apakah Gubernur Jateng sudah dipanggil atau belum. Jika sudah dipanggil dan diberikan peringatan tetapi masih melakukan gerakan-gerakan entah deklarasi pencalonan atau mengumpulkan tim-timnya, menurut dia, boleh dinilai kebablasan.

Baca juga: PDIP Jateng konfirmasi tak undang Ganjar saat pengarahan Puan

"Namun, saya menilai Gubernur Jateng selama ini belum ada gerakan-gerakan seperti melakukan deklarasi. Saya berharap masalah partai dapat diselesailkan di rumah internal partai," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021