Kapolda Maluku Utara cek tes cepat antigen gratis

id rapid tes antigen, Polda Malut

Kapolda Maluku Utara cek tes cepat antigen gratis

Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin secara khusus terjun langsung ke lapangan guna meninjau pelaksanaan Rapid test Antigen yang dilaksanakan oleh Biddokkes Polda Maluku Utara bertempat di Pelabuhan Semut Ternate. ANTARA/Abdul Fatah/am.

Ternate (ANTARA) - Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin secara khusus terjun ke lapangan meninjau pelaksanaan tes cepat antigen gratis yang dilaksanakan oleh Biddokkes Polda setempat di Pelabuhan Semut Ternate.

Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol Adip Rojikan di Ternate, Senin, menjelaskan bahwa pelaksanaan tes cepat antigen tersebut dilakukan secara acak di sejumlah tempat yang menjadi lokasi keluar masuknya masyarakat di Provinsi Maluku Utara, baik antarkabupaten/kota maupun antar-provinsi, seperti pelabuhan, lokasi wisata dan tempat lainnya.

Baca juga: Kakorlantas: 400 orang reaktif hasil tes cepat selama arus balik

Baca juga: Ketua DPD RI: Kasus tes cepat antigen bekas harus diusut tuntas


"Beberapa tempat, seperti Pelabuhan Ahmad Yani, Pantai Jikomalamo, Pantai Sulamadaha, dan Pelabuhan Bastiong sudah kita lakukan rapid test antigen secara gratis dan acak juga," katanya.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolda Malut tersebut, diikuti 89 orang yang terdiri dari penumpang, sopir dan ABK speedboat bertempat di Pelabuhan Semut Kota Ternate dengan hasil keseluruhan dinyatakan nonreaktif.

Lebih lanjut, Kabidhumas menyebut bahwa Polda Malut telah melaksanakan tes cepat antigen gratis untuk 621 orang dengan hasil 620 orang nonreaktif dan satu orang reaktif.

"Peserta yang reaktif kami tindaklanjuti dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dilakukan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) terhadap yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan yang bersangkutan wajib pastikan diri sehat sebelum melaksanakan perjalanan di luar rumah, apabila merasa diri kurang sehat segera periksa dan berdiam diri di rumah.

Salah seorang tokoh agama Kabupaten Halmahera Tengah Heru (43) yang akan bepergian ke Jakarta mengapresiasi langkah Polda Maluku Utara, serta mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Polda Maluku Utara telah melaksanakan pemeriksaan secara gratis.

Baca juga: Antigen bekas, Erick pecat seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika

Menurut dia, pelaksanaan tes cepat antigen gratis dan dilakukan secara acak ini dapat tepat sasaran, sehingga dapat melakukan deteksi dini dan pencegahan penyebaran COVID-19 di Maluku Utara.

Apalagi, arus balik mudik di Malut masih terpantau cukup padat saat diberlakukannya pengetatan pengamanan pasca-operasi pekat Kieraha.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Polda Malut yang telah melakukan tes cepat antigen gratis. Kami sangat terbantu," ujarnya.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar