Jakarta (ANTARA) - Pada Senin (24/5) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa strategi kolaborasi pentahelix dijalankan untuk mencegah lonjakan kasus infeksi virus corona dan Kementerian Kesehatan menjamin keamanan vaksin produksi AstraZeneca yang digunakan laman program vaksinasi nasional.

Selain itu ada warta mengenai rencana pemberangkatan jamaah haji, penurunan pengangguran, dan persebaran kasus penularan virus corona varian B117 yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Kolaborasi pentahelix dijalankan untuk lonjakan kasus COVID-19

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menjalankan strategi kolaborasi pentahelix guna mencegah lonjakan kasus penularan COVID-19 usai masa mudik Lebaran. Kolaborasi itu melibatkan Satuan Tugas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta.

Pemerintah jamin vaksin COVID-19 AstraZeneca aman 

Kementerian Kesehatan menjamin vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca yang digunakan dalam program vaksinasi nasional aman. "AstraZeneca ini sudah digunakan lebih dari satu miliar di seluruh dunia dan terbukti efektif," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono.

 

Penularan virus corona varian B117 terdeteksi di Batam

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menyatakan bahwa kasus penularan virus corona varian B117 dari Inggris terdeteksi di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pemerintah masih tunggu pengumuman resmi dari Arab Saudi soal haji

Kementerian Agama masih menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi soal penyelenggaraan ibadah haji. "Sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan secara resmi tentang dibukanya pemberangkatan bagi jemaah di luar Saudi," kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi.

Jumlah pengangguran terbuka berkurang

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa jumlah pengangguran terbuka di Indonesia berkurang sekitar 950 ribu orang pada Februari 2021. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) dari 139,81 juta orang masuk dalam kategori angkatan kerja ada 131,06 juta orang yang berstatus pekerja dan 8,75 juta yang berstatus sebagai penganggur terbuka.
 

Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021