Kita perlu membuat persediaan untuk menghadapi keadaan terburuk. Tolong bantu kami untuk duduk di rumah. Jika kita bekerja sama, kita bisa memutuskan rantai infeksi
Kuala Lumpur (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) melaporkan hingga Selasa tengah hari kasus harian COVID-19 di Malaysia tembus 7.289 kasus sehingga menjadikan jumlah tersebut terbesar semenjak pandemi Maret 2020.

Dirjen Kesehatan Malaysia  Noor Hisham Abdullah melalui laman Twitter meminta masyarakat agar bersiap untuk menghadapi gelombang COVID-19 terburuk menyusul tren terkini peningkatan infeksi COVID-19 di negara ini.

"Peningkatan kasus sejak 1 April menunjukkan lonjakan. Kita perlu membuat persediaan untuk menghadapi keadaan terburuk. Tolong bantu kami untuk duduk di rumah. Jika kita bekerja sama, kita bisa memutuskan rantai infeksi," katanya.

Baca juga: Oposisi minta vaksinasi ditingkatkan karena COVID-19 di Malaysia naik
Baca juga: Malaysia laporkan kematian harian tertinggi COVID-19

Noor Hisham menasihati masyarakat agar duduk di rumah dan terus mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) sekiranya terjadi keadaan darurat atau hadir ke tempat kerja.

Sebelumnya Malaysia mencatatkan 6.509 kasus harian baru COVID-19 dengan jumlah kematian tertinggi yaitu 61 dalam tempo 24 jam.

Pada 25 Mei 2021 jumlah kasus COVID-19 yang dilaporkan di antaranya Selangor 2.642 kasus, Sabah 266 kasus, Johor 664 kasus, Kuala Lumpur 604 kasus, Sarawak 513 kasus, Pulau Pinang 380 kasus, Negeri Sembilan 410 kasus, Putrajaya 23 kasus.

Sementara itu Komite Vaksinasi Malaysia Rabu (26/5) membuka pendaftaran vaksinasi AstraZeneca untuk gelombang kedua bagi yang berusia 18 tahun ke atas untuk warga negara dan bukan warga negara.

Sebelumnya komite juga sudah memberikan kesempatan kepada lanjut usia 60 tahun ke atas.

Baca juga: Malaysia batasi operasi perniagaan hingga jam 20.00
Baca juga: WNI ke Malaysia kembali dikarantina 14 hari

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021