Los Angeles (ANTARA News) - Sutradara "Godfather" Francis Coppola dijadwalkan menerima penghargaan Oscar untuk kategori prestasi seumur hidup. Oscar terbaru itu , menambah deretan lima penghargaan Academy Awards yang telah ia terima, demikian pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Rabu (25/8).

Coppola (71), yang juga menulis naskah dan menyutradarai film perang Vietnam "Apocalypse Now", akan menerima penghargaan Irving Thalberg Memorial Award di Los Angeles pada November mendatang - tepat sebelum Oscar Februari 2011.

Anugerah penghargaan pencapaian prestasi seumur hidup ini diberikan kepada "pembuat kreatif yang karyanya merefleksikan konsistensi dalam produksi film berkualitas tinggi".

Coppola menyabet hampir semua lima Oscarnya untuk serial "The Godfather", yang mengisahkan keluarga kriminil Italia-Amerika di dekade 40 dan 50-an.

Coppola juga berandil besar dalam pemunculan karir pembuat "Star Wars" George Lucas, ketika Lucas memproduksi dua film feature pertamanya yang berjudul masing-masing "THX 1138" dan "American Graffiti".

Penghargaan juga akan diserahkan kepada sutradara legendaris Prancis Jean-Luc Godard, yang karya-karyanya antara lain "Breathless" dan "The Seven Deadly Sins". Penghargaan lain akan diberikan kepada aktor Eli Wallach (94) dan sejarawan film sekaligus pembuat film dokumenter Kevin Brownlow.

"Semua penerima penghargaan telah menyentuh pemirsa film di seluruh dunia dan memberikan pengaruh terhadap industri pembuatan film lewat karya-karya mereka," demikian pernyataan tertulis Tom Sherak sebagai presiden Academy.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua untuk merayakan pencapaian-pencapaian serta kontribusi luar biasa mereka," tambahnya.
(E012/M016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010