Kita sudah mengoperasikan Jalan tol Serpong-Cinere ruas tol Serpong-Pamulang dan Kunciran-Cengkareng pada tahun ini. Sedangkan pada akhir tahun kita akan melihat lagi dan berharap memang target utamanya adalah tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimistis kinerja pada tahun ini akan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 mengingat telah beroperasinya ruas tol Serpong-Pamulang dan ruas tol Kunciran-Cengkareng pada tahun ini.

"Seperti diketahui kalau pendapatan jalan tol sangat sulit untuk diprediksi, namun yang jelas kita optimistis harusnya kinerja tahun ini jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya seiring dengan telah beroperasinya tol-tol baru seperti tol layang Syeikh Mohamed Bin Zayed (MBZ), kemudian ruas tol yang kita harapkan keluar tarifnya yakni Jalan tol Serpong-Cinere ruas tol Serpong-Pamulang maupun Jalan Tol Kunciran-Cengkareng," ujar Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian, lanjut Eka, seharusnya revenue tahun ini akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan tahun 2020.

"Kita sudah mengoperasikan Jalan tol Serpong-Cinere ruas tol Serpong-Pamulang dan Kunciran-Cengkareng pada tahun ini. Sedangkan pada akhir tahun kita akan melihat lagi dan berharap memang target utamanya adalah tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2 selesai dirampungkan," katanya.

Kemudian Jasa Marga juga berharap pembangunan jalan tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 dan 5 dalam waktu dekat dapat beroperasi sepenuhnya.

Jasa Marga mencatatkan kinerja positif di tahun 2020 dengan membukukan laba bersih Rp501,05 miliar serta mampu mencatatkan Margin EBITDA di Tahun 2020 pada angka Rp5,98 triliun.

Sebelumnya Kementerian PUPR masih berfokus pada penyelesaian tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas.

Sebanyak tiga ruas tol JORR 2 telah rampung, antara lain Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong-Cinere (10,1 km).

Jalan Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi yakni Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 Km yang masih beroperasi tanpa tarif sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

Kemudian Seksi II yakni Seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 Km saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Baca juga: Di tengah pandemi, Jasa Marga raih laba bersih Rp501 miliar pada 2020
Baca juga: Jasa Marga catat penurunan lalin hingga 60,8 persen pada libur Lebaran
Baca juga: Mohamad Agus Setiawan ditunjuk sebagai Direktur Bisnis baru Jasa Marga

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021