Tadi Bapak Ilham Habibie menyatakan Insya Allah hadir pada saat peresmian nanti
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, HM Taufan Pawe melaporkan telah selesainya pembangunan Museum Presiden Ketiga Republik Indonesia Prof Dr Ing. H Bacharuddin Jusuf Habibie yang rencananya diresmikan tahun 2821 ini.

"Alhamdulilah, kita baru saja diterima Bapak Ilham Habibie. Tadi Kita membahas persiapan fungsi Museum BJ Habibie yang menjadi kebanggaan kita semua. Insya Allah tahun ini kita fungsikan," ujar Wali Kota Pare-pare, HM Taufan Pawe melalui siaran persnya diterima di Makassar, Kamis.

Pria yang akrab disapa Taufan ini sengaja menemui putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie di kediamannya di kawasan Patra, Kuningan XIII Jakarta, untuk melaporkan pembangunan serta membahas persiapan peresmian Museum BJ Habibie yang bangunannya telah rampung.

Baca juga: LaNyalla dorong realisasi Museum Habibie di Parepare

Museum BJ Habibie, kata dia, diharapkan menjadi satu-satunya museum tokoh bangsa di Indonesia yang hadir di Kota Parepare, targetnya bisa beroperasi tahun 2021 ini.

"Tadi Bapak Ilham Habibie menyatakan Insya Allah hadir pada saat peresmian nanti," tutur Taufan Pawe usai pertemuan.

Wali Kota Parepare dua periode ini menjelaskan, progres tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare kini sedang melakukan inventarisasi barang-barang milik BJ Habibie. Sejumlah barang berharga milik Bapak Teknologi Indonesia ini akan berpindah ke Museum BJ Habibie di Kota Bandar Madani itu.

"Tadi kita mendengar arahan Pak Ilham yang ingin menjadikan Museum BJ Habibie benar-benar menjadi wadah pendidikan. Harus menjadi tempat edukasi dan mengenang karya-karya presiden Indonesia kelahiran Parepare ini," ungkapnya.

Museum tersebut sengaja dibangun di kediaman pribadi almarhum BJ Habibie bersama istrinya, Ainun Habibie yang ditempati selama hidup di Jalan Bau Massepe, Kota Parepare, Sulsel. Rumah itu berisikan barang-barang miliknya semasa hidup, baik sebelum menjabat hingga setelah menjabat Presiden ke-3 Indonesia.

Baca juga: Pesawat karya Habibie akan dipamerkan di Museum Dirgantara Yogyakarta

"Selain mengingat jasa-jasa dan karya-karya beliau. Kita juga menerapkan beberapa teknologi sehingga wisata pendidikan itu terasa. Seperti audio visual yang menjelaskan tentang kisah-kisah inspiratif beliau," papar Ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris menambahkan, pihaknya kini menyusun perencanaan kapasitas museum. Tak hanya itu, inventarisasi barang berharga juga butuh keamanan khusus. Ia berharap, proses inventarisasi berjalan lancar agar target pembukaan Museum BJ Habibie sesuai harapan.

"Arahan dari Pak Ilham dan pesan dari Pak Wali, museum ini tidak boleh monoton. Aktivitas edukasi harus ada. Seperti seminar dan kajian-kajian teknologi dan berkerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan, " katanya.

"Intinya, masyarakat tidak hanya mengenang jasa-jasa BJ Habibie. Tetapi mendapat edukasi yang bermanfaat bagi mereka," tambah Arifuddin usai pertemuan itu.

Pertemuan itu juga dihadiri Asisten I Sitti Aminah Amin, Asisten II Suriani, Kepala BKD Jamaluddin Achmad, Dirut Andi Makkasau dr Reny, dan Sekretaris Bappeda Zulkarnaen.

Baca juga: Bekas rumah Habibie di Parepare akan dijadikan museum


 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021