masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu memilih jenis vaksin tertentu, karena semua vaksin saat ini adalah yang terbaik
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengemukakan vaksin AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 telah dinyatakan aman sehingga masyarakat diimbau tidak perlu memilih-milih jenis vaksin.

"Vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang paling banyak digunakan di dunia. Sehingga sudah pasti memenuhi syarat mutu dan aman digunakan. Jadi masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu memilih jenis vaksin tertentu, karena semua vaksin ada saat ini adalah yang terbaik," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Siti Nadia mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan menyambut baik atas hasil pengujian vaksin AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Baca juga: Satgas COVID-19 Yogyakarta: Belum ada laporan KIPI vaksin AstraZeneca

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kualitas produk vaksin dengan efek samping yang dilaporkan.

Dari hasil uji sterilitas dan uji toksisitas abnormal yang dilakukan di Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) Badan POM, memutuskan bahwa vaksin AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 telah memenuhi syarat mutu sehingga aman untuk digunakan dalam program vaksinasi nasional COVID-19.

“Pengujian ini merupakan wujud kehati-hatian pemerintah dalam menyediakan vaksin COVID-19. Dengan hasil ini maka penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca bets CTMAV 547 dalam program vaksinasi nasional COVID-19 bisa kembali dilanjutkan,” katanya.

Baca juga: BPOM: Vaksin AstraZeneca bets CTMAV547 dapat digunakan kembali

Pemerintah sempat menghentikan sementara distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 pada 16 Mei 2021, menyusul proses investigasi dan pengujian oleh Badan POM terhadap keamanan dan efektivitas vaksin terhadap COVID-19.

Siti Nadia menegaskan bahwa program vaksinasi nasional hadir untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat terhadap ancaman COVID-19.

"Untuk itu, pemerintah tentunya berupaya menghadirkan vaksin terbaik, yang bermutu dan efektif dalam melawan virus," katanya.

Baca juga: Kemenkes jamin vaksin COVID-19 AstraZeneca aman

Baca juga: Pakar: General check up sebelum vaksinasi, pilihan yang berlebihan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021