Bamako (ANTARA) - Mahkamah Konstitusi Mali pada Jumat (28/5) menyatakan Assimi Goita, kolonel yang memimpin kudeta militer minggu ini saat menjabat sebagai wakil presiden, untuk menjadi presiden sementara yang baru.

Keputusan itu meningkatkan pertaruhannya ketika para pemimpin Afrika Barat bersiap untuk bertemu pada Minggu untuk menanggapi pengambilalihan tersebut, yang telah membahayakan transisi kembali ke demokrasi dan dapat merusak perjuangan regional melawan militan Islam.

Goita menjadi wakil presiden sementara setelah memimpin kudeta Agustus lalu yang menggulingkan Presiden Ibrahim Boubacar Keita. Dia memerintahkan penangkapan Presiden Bah Ndaw dan Perdana Menteri Moctar Ouane pada Senin. Keduanya mengundurkan diri pada Rabu saat masih dalam tahanan. Mereka kemudian dibebaskan.

Pengadilan mengatakan dalam keputusannya bahwa Goita harus mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pengunduran diri Ndaw "untuk memimpin proses transisi sampai pada kesimpulannya" dan menyandang gelar "presiden transisi, kepala negara".

Putusan itu menetapkan Mali pada jalur yang bertentangan dengan Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) yang beranggotakan 15 orang, yang berpendirian bahwa transisi, yang akan berakhir dengan pemilihan pada Februari, tetap dipimpin oleh sipil.

Setelah menyetujui pada bulan Oktober untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan setelah kudeta terhadap Keita, ECOWAS mengatakan dalam sebuah deklarasi bahwa wakil presiden transisi "dalam keadaan apa pun tidak dapat menggantikan presiden."

Kepala negara ECOWAS dijadwalkan bertemu di Ghana pada Minggu. Mereka dan kekuatan Barat termasuk Prancis dan Amerika Serikat khawatir krisis politik dapat memperburuk ketidakstabilan di Mali utara dan tengah, markas bagi afiliasi regional al Qaeda dan ISIS.

Goita, seorang komandan pasukan khusus berusia 38 tahun, adalah salah satu dari beberapa kolonel yang memimpin kudeta terhadap Keita. Dia menggulingkan Ndaw setelah presiden sementara menunjuk kabinet baru yang mencopot dua dari pemimpin kudeta lainnya dari jabatan kementerian mereka.

Jumat malam, Goita mengatakan di televisi nasional bahwa dia akan menunjuk perdana menteri baru dari antara anggota koalisi M5-RFP, yang memimpin protes terhadap Keita tahun lalu dan berselisih dengan Ndaw dan Ouane selama transisi.

Jeamille Bitar, anggota koalisi, mengatakan pilihannya adalah Choguel Maiga, mantan menteri pemerintah.

Sumber:Reuters
Baca juga: Kolonel Goita nyatakan diri sebagai pemimpin Mali
Baca juga: Presiden, perdana menteri, menteri pertahanan Mali ditangkap militer
Baca juga: Pemimpin kudeta Mali bebaskan mantan perdana menteri dan jenderal

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021