penumpang semuanya selamat dan telah dievakuasi
Ternate (ANTARA) - Seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK)  KM Karya Indah rute Ternate-Kepulauan Sula, yang terbakar  di perairan Pulau Mangoli, Maluku Utara, Sabtu, diselamatkan  nelayan dan tim  SAR Sanana.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Ternate Affan Tabona menyatakan,  KM Karya Indah berangkat dari Ternate tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, dengan membawa 181 penumpang dan 14 ABK.

Menurut dia, kapal itu terbakar di perairan Pulau Mangoli, Kepulauan Sula, pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIT.  

Kebakaran diduga berawal dari ruang mesin kapal dan merambat ke seluruh bagian kapal. Sebagian penumpang melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. 

Affan mengatakan penumpang sudah dievakuasi oleh Tim SAR gabungan ke Sanana, ibu kota Kabupaten Kepulauan Sula.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kabupaten Kepulauan Sula Hendra Umabaihi, yang dihubungi secara terpisah, membenarkan peristiwa itu dan menyatakan bahwa pihaknya masih fokus untuk menyelamatkan penumpang .

Menurut Hendra, pihaknya mendapat informasi kebakaran  KM Karya Indah dari salah satu nelayan di desa Waisum sekitar pukul 07.00 WIT dan dirinya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengarahkan petugas menuju tempat kejadian.

"Untuk kondisi penumpang semuanya selamat dan telah dievakuasi di Pulau Lifmatola oleh nelayan dan warga setempat dan dibantu tim SAR gabungan," ujarnya.

Baca juga: Basarnas Ternate: 25 penumpang kapal terbakar selamat

Baca juga: Seluruh ABK KM Inka Mina berhasil diselamatkan Basarnas Ternate

Baca juga: Nenek 70 tahun terapung di perairan Ternate-Tidore, ditemukan Tim SAR

 
Kapal penumpang KM Karya Indah tujuan Ternate Kepulauan Sula (Kepsul), Sabtu terbakar (ANTARA/ Abdul Fatah)


 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021