Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo mendedikasikan pole position yang ia raih dalam Grand Prix Italia di Mugello untuk pebalap Moto3, Jason Dupasquier, yang mengalami kecelakaan di babak kualifikasi pada Sabtu.

Dupasquier harus diterbangkan ke rumah sakit terdekat di Florence setelah mengalami kecelakaan yang melibatkan tiga motor sehingga menyebabkan sesi kualifikasi tertunda.

Rekaman menunjukkan pebalap berusia 19 tahun asal Swiss itu terjatuh dan kemudian tertabrak motor salah satu pebalap, sebelum terseret di sepanjang trek.

Pebalap Jepang Ayumu Sasaki dan pebalap Spanyol Jeremy Alcoba adalah dua pebalap lainnya yang terlibat kecelakaan tersebut, namun penyelenggara menyatakan dua pebalap tersebut terhindar dari cedera serius.

Selama kurang lebih setengah jam setelah kecelakaan tersebut, Dupasquier ditangani oleh petugas medis di pinggir trek sebelum diterbangkan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Saya ingin mempersembahkan ini (pole) untuk Jason yang mengalami kecelakaan yang sangat parah. Saya harap dia baik-baik saja. Saya berdoa untuknya dan saya berdoa untuk keluarganya," kata Quartararo seperti dikutip AFP.

Baca juga: Quartararo raih quattrick pole dengan pecahkan rekor sirkuit Mugello

Sang pebalap Prancis mengaku menjalani lap terbaiknya sejauh ini dengan mencetak waktu 1:45,187 yang menjadi rekor baru sirkuit Mugello, memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat Francesco Bagnaia di FP3 hari itu, sekaligus menjadi pole position keempat secara beruntun musim ini bagi El Diablo.

Bagnaia akan start dari P2 setelah catatan waktunya terpaut 0,230 dari sang pebalap Yamaha yang unggul satu poin dari sang pebalap Ducati di puncak klasemen sementara.

Johann Zarco dari tim Pramac Racing membawa Ducati kedua di baris terdepan setelah mengklaim P3.

"Saya menikmati lap itu," lanjut Quartararo.

"Ini adalah trek di mana Anda sangat merasakan adrenalin dan saya berada di limit di manapun.

"Saya rasa ini lap terbaik yang pernah saya lakukan di hidup saya."

Baca juga: Bagnaia masih yang tercepat setelah FP3, pecahkan rekor lap Mugello

Aleix Espargaro meneruskan tren penampilan kompetitif Aprilia meski harus melewati Q1 terlebih dahulu. Sang pebalap Spanyol akan start dari P4 di depan Jack Miller (Ducati), yang mengincar hattrick setelah kemenangan di Jerez dan Le Mans, dan Brad Binder (KTM).

Sasis baru KTM terbukti cukup kompetitif digunakan untuk bertarung di posisi sepuluh besar di Mugello setelah Miguel Oliveira finis P7, mengalahkan duet pebalap Suzuki Alex Rins dan Joan Mir yang melengkapi posisi start baris ketiga.

Marc Marquez menyintas Q1 sebagai yang tercepat setelah memanfaatkan tow di belakang motor Maverick Vinales di saat sang pebalap Yamaha gagal lolos ke Q2 gara-gara tergeser oleh catatan waktu Aleix Espargaro dan tak bisa memanfaatkan lap terakhir untuk memperbaiki catatan waktunya.

Baca juga: Bagnaia bawa Ducati pimpin FP2 GP Italia, Rins menempel ketat
Baca juga: Vinales ungguli Zarco di FP1 GP Italia


Vinales akan start dari P13 sedangkan Franco Morbidelli melengkapi posisi sepuluh besar untuk tim Petronas Yamaha.

Marquez tak cukup cepat untuk menembus sepuluh besar di Q1 dengan lengan kanan yang masih belum fit 100 persen pascacedera. Sang pebalap tim Repsol Honda akan start dari P11 di depan tandemnya, Pol Espargaro.

Sementara itu, pebalap veteran Valentino Rossi, yang meneruskan tradisi membalap di Mugello dengan helm berlivery khusus, kewalahan menemukan kecepatan sepanjang akhir pekan dan hanya mampu mengamankan P19.

Baca juga: Tercepat di Mugello, Fernandez raih dua pole beruntun musim ini
Baca juga: Pramac Racing perpanjang kemitraan dengan Ducati hingga 2024
Baca juga: Masa depan Rossi di MotoGP akan ditentukan ketika jeda musim panas

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021