Pamekasan, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur hingga saat ini telah melakukan vaksinasi COVID-19 kepada 768 warga lanjut usia (lansia) di wilayah itu.

"Ke-768 warga lansia yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 ini tersebar di 13 kecamatan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan dr Nanang Suyanto di Pamekasan, Minggu.

Baca juga: Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit perpanjang vaksinasi bagi lansia

Jumlah lansia yang divaksin sebanyak 768 orang ini, sambung dia, merupakan lansia yang telah mengikuti vaksinasi dosis 1.

"Untuk dosis 2 baru 466 orang. Ada sebagian yang belum divaksin," katanya menjelaskan.

Warga lansia yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 ini merupakan warga yang memenuhi ketentuan sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, Penyintas COVID-19, dan Sasaran Tunda.

Baca juga: Ahli ingatkan perlunya intensifkan program vaksinasi COVID-19 lansia

Acuan teknisnya saat screening pada lima pertanyaan tambahan. Masing-masing, 1). Apakah mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga? 2).Apakah punya lima penyakit dari 11 penyakit kronik dan komorbid? 3). Apakah mudah merasa kelelahan?, 4). Apakah mengalami penurunan berat badan secara signifikan? , dan 5). Apakah sulit berjalan sejauh 100-200 meter?

Baca juga: Vaksinasi lansia Banda Aceh berjalan baik setelah pendekatan keluarga

"Jika ada tiga atau lebih jawabannya 'ya', maka vaksin COVID-19 tidak bisa diberikan," kata Nanang menjelaskan.

Sementara, ke-768 warga lansia Pamekasan yang telah divaksinasi COVID-19 itu, umumnya menjabat "tidak" dari lima pertanyaan tambahan yang tertulis dalam screening.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021