ACT cabang Solok deklarasikan KKIPP dukung kemerdekaan Palestina

id Berita solok, berita sumbar, act solok

ACT cabang Solok deklarasikan KKIPP dukung kemerdekaan Palestina

ACT cabang Solok deklarasikan KKIPP dukung kemerdekaan Palestina. ANTARA/ACT solok.

Solok (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Solok, Sumatera Barat mendeklarasikan Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) bertujuan untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Kepala Cabang ACT Solok Tengku Dewan di Solok, Kamis mengatakan KKIPP merupakan bentuk wadah perjuangan masyarakat sipil internasional yang terorganisir untuk membebaskan Palestina dari penjajahan.

“KKIPP ini mewadahi semua lembaga maupun komunitas serta memiliki visi yang sama, yaitu pembebasan Palestina dari segala bentuk penjajahan yang selama ini dilakukan oleh zionis Israel,” ucap Tengku yang juga merupakan ketua KKIPP Solok.

Ia menyebutkan KKIPP yang sudah ada di 62 daerah di Indonesia juga tengah menggalang petisi secara daring untuk pembebasan Palestina. Bahkan sejak diluncurkan lebih kurang sudah ada 11 ribu dukungan.

Ia juga mengatakan bahwa Palestina butuh gerakan nyata, penekanan secara Civil Society perlu dilakukan, begitu juga dengan langkah-langkah advokasi.
Baca juga: Bentuk KKIPP, ACT Madiun-komunitas deklarasikan pembebasan Palestina
Baca juga: Bendera Palestina-RI raksasa dikibarkan ACT di Benteng Kuto Besak


Selain itu, ia mengatakan beberapa waktu lalu juga muncul upaya melemahkan perjuangan untuk Palestina dengan lahirnya berbagai opini bahwa bangsa Indonesia tidak ada hubungan dengan Palestina.

"Hal itu keliru, kita punya hubungan historis yang kuat dengan Palestina, Palestina menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia setahun sebelum diproklamirkannya kemerdekaan, kita berhutang Budi dengan Palestina," ujar dia.

Di samping itu, Ketua MUI Kota Solok yang diwakili Maqomam Mahmuda juga mendukung penuh gerakan yang dilakukan ACT dan KKIPP dalam membantu perjuangan dan pembebasan Palestina.

Menurutnya Palestina merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan Indonesia untuk itu, ia mengajak agar saling membantu dalam kebajikan karena duka Palestina merupakan duka kita.

Gerakan yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk ACT dan KKIPP merupakan bentuk dukungan nyata terhadap perjuangan Palestina. Pihaknya mengajak untuk menolak upaya pelemahan terhadap perjuangan terhadap kemerdekaan Palestina.

"Kalau tidak bisa mendukung, lebih baik diam, jangan melemahkan, kalau kita mampu, kita dukung dengan apa yang bisa kita bantu. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat untuk manusia lainnya," ucapnya.
Baca juga: Dua sumur wakaf masyarakat Aceh di Jalur Gaza Palestina difungsikan
Baca juga: 22 komunitas bentuk Forum Masyarakat Aceh Peduli Palestina

 

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar