Jakarta (ANTARA) - Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea dan Tottenham Hotspur akan dikenai sanksi denda oleh Liga Premier atas keputusan bergabung dengan Liga Super Eropa sekalipun dalam hitungan hari setelah mengumumkan liga sempalan itu keenam klub menyatakan mundur, lapor Daily Mail, Selasa.

Keenam klub Liga Inggris itu sempat bergabung dengan Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan dan Juventus untuk membentuk liga sempalan itu yang memicu protes dari mana-mana karena sistem kompetisinya yang tertutup.

Menurut Daily Mail, keenam klub Liga Inggris itu akan dikenai hukuman berupa denda atas keterlibatan mereka dalam liga kontroversial itu sehingga menepis opsi pengurangan poin yang sempat dipertimbangkan otoritas Liga Inggris.

Baca juga: Seluruh klub Inggris mundur dari Liga Super Eropa
Baca juga: Chelsea sangat sesali keputusan gabung proyek Liga Super Eropa


Menurut harian di Inggris itu berlangsung perdebatan panas mengenai jumlah denda dan ke mana uang denda dari keenam klub itu disalurkan.

Kabarnya keenam klub yang disebut dengan Big Six atau Enam Besar itu akan dijatuhi hukuman yang sama dengan hukuman yang diterapkan UEFA bulan lalu, yakni denda 1,5 juta pound yang akan disalurkan kepada sepakbola anak dan akar rumput di seluruh Eropa.

Keenam klub kabarnya menginginkan hukuman serupa seperti diterapkan UEFA dan berharap uang denda tidak disalurkan kepada klub-klub lain.

Ada desakan agar klub-klub itu dikenai sanksi berat, namun kemudian akhirnya tercipta kompromi antara liga dan keenam klub.

Baca juga: Pemilik Liverpool minta maaf kepada suporter terkait Liga Super Eropa
Baca juga: Pemilik MU Avram Glazer tak mau minta maaf soal Liga Super Eropa

Baca juga: Real Madrid, Barca dan Juve sebut UEFA langgar perintah legal
Baca juga: Agnelli berkilah Liga Super Eropa demi selamatkan industri sepak bola


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021