Papua Barat "rumah besar" keragaman suku di Indonesia, sebut Gubernur

id Provinsi Papua Barat, keberagaman suku, Kerukunan, suku Byak

Papua Barat "rumah besar" keragaman suku di Indonesia, sebut Gubernur

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka kegiatan musyawarah besar I Suku Byak wilayah Provinsi Papua Barat di Manokwari, Jumat (11/6/2021). (FOTO ANTARA/Hans Arnold Kapisa)

Manokwari (ANTARA) - Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan provinsi itu ibaratnya adalah "rumah besar" yang selalu terbuka untuk menerima keragaman suku di Indonesia.

"Papua Barat ini 'rumah besar' untuk semua suku di Indonesia. Dengan damai dan kebersamaan saya ajak kita bersama membangun Papua Barat," katanya dalam pernyataan di Manokwari, Sabtu.

Saat membuka Musyawarah Besar (Mubes I Suku Byak wilayah Papua Barat di Kabupaten Manokwari, Jumat (11/6) 2021, Mandacan mengatakan, hidup rukun dalam keberagaman suku-suku asli Papua bersama suku Nusantara merupakan sebuah kekuatan yang patut dipelihara di provinsi ini.

Baca juga: Dewan Adat Doreri ajak seluruh etnis bangun Papua Barat

Baca juga: Suku adat Manokwari didorong ajak anaknya rajin sekolah


Gubernur juga mengatakan Suku Byak sebagai salah satu suku asli Papua punya kontribusi besar dalam sejarah peradaban keagamaan dan pendidikan di tanah Papua.

"Saya sebut Suku Byak adalah 'suluh' atau suku pembawa terang bagi suku-suku asli Papua karena pengajaran agama dan pendidikan yang mereka ajarkan bagi sesama suku asli Papua ratusan tahun silam," katanya.

Ia berharap melalui Mubes I Suku Byak selama dua hari (11-12/6) di Manokwari itu dapat mempersatukan kembali Suku Byak lewat kepengurusan tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

"Mubes ini kiranya dapat merekatkan kembali Suku Byak dalam mendukung pembangunan di Provinsi Papua Barat," demikian Dominggus Mandacan. 

Baca juga: Suku Biak dukung proses hukum pelaku kericuhan Manokwari

Baca juga: Gubernur Papua Barat mengajak masyarakat rawat keberagaman suku

Baca juga: Masyarakat adat akan kelola tambang emas di Manokwari

Baca juga: Pemkot Sorong umumkan hasil CPNS orang asli suku MOI


 

Pewarta : Hans Arnold Kapisa
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar