Hujan lebat diprakirakan terjadi di beberapa wilayah Indonesia

id BMKG,Hujan lebat,Sirkulasi siklonik

Hujan lebat diprakirakan terjadi di beberapa wilayah Indonesia

Ilustrasi - Awan hitam Cumulonimbus bergelayut di langit, hujan lebat diprakirakan terjadi di beberapa wilayah Indonesia. ANTARA FOTO/Rahmad/hp/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Senin.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Senin, disampaikan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga diprakirakan terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Tengah,

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di sebelah barat Sumatera Utara. Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga terpantau memanjang di Aceh hingga Selat Malaka, di Riau, dari Sumatera Selatan hingga Jambi.

Kemudian, dari perairan utara Jawa Tengah hingga Banten, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Maluku Utara hingga Sulawesi bagian utara, dari Maluku hingga Sulawesi bagian tengah, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: BMKG peringatkan hujan lebat berdampak banjir di 17 provinsi

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini potensi hujan di Jabodetabek

Baca juga: NTT mengalami hari tanpa hujan kategori sangat panjang

 

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar