Anies siapkan 2.500 tempat tidur di Rusun Nagrak

id anies baswedan,covid-19,velbed,satgas covid,wisma atlet,rusun nagrak

Anies siapkan 2.500 tempat tidur di Rusun Nagrak

Presiden Joko Widodo berjalan bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Waduk Pluit, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin, 14/6/2021). ANTARA/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden/pri.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya menyiapkan penambahan 2.500 tempat tidur di Rumah Susun (Rusun) Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, jika pasien rawat inap di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran terus bertambah.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta masih memfokuskan RSDC Wisma Atlet Kemayoran sebagai fasilitas rawat inap pasien COVID-19. Namun jika dibutuhkan penambahan, Rusun Nagrak siap digunakan.

"Apabila nanti dibutuhkan penambahan, kita sudah siapkan Rusun Nagrak untuk bisa digunakan, di sana ada lebih dari 2.500 tempat tidur yang bisa dipakai. Kita bergerak bertahap, saat ini konsentrasi masih tetap di Wisma Atlet," kata Anies saat ditemui di Kantor PMI DKI Jakarta, Senin.

Anies menekankan bahwa warga, khususnya di DKI Jakarta, tidak boleh menganggap enteng tingginya lonjakan pertambahan kasus COVID di ibu kota.

Baca juga: Peringati Hari Donor Darah, Anies lakukan donor darah di PMI DKI
Baca juga: Warga Cilangkap lalai prokes sebabkan kasus positif masih tinggi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ditemani Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Ajie dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran memberikan pengarahan pada apel penganganan COVID-19 Forkopimda DKI Jakarta di Lapangan Blok S, Jakarta, Minggu (13/6/2021) malam. (Antara/Ricky Prayoga/HO Humas Pemprov DKI)
Sebagai penyintas COVID-19, Anies mengingatkan bahwa kondisi tubuh setelah terpapar virus sangat tidak nyaman. Apalagi jika memiliki penyakit bawaan yang mengakibatkan kondisi tubuh semakin menurun.

"Saya pernah merasakan terkena COVID, sama sekali tidak nyaman dan apalagi kalau susah sampai kondisinya berat. Saya mengajak seluruh masyarakat sadari bahwa kita masih dalam kondisi pandemi," kata Anies.

Adapun untuk mendukung fasilitas isolasi pasien COVID-19 di Rusun Nagrak, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memberikan bantuan 500 velbed.

Penyaluran bantuan tempat tidur portabel tersebut dilakukan seiring dengan peningkatan kasus infeksi virus corona.

Rusun Nagrak memiliki 14 tower yang terbagi dalam tiga klaster. Masing-masing tower memiliki 16 lantai dengan 225 unit tempat tinggal dengan dua kamar. Rumah susun itu bisa menampung hingga 2.550 orang.
 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar