Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta agar persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di sisa seratusan hari menuju perhelatannya terus digenjot dan dioptimalkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy di Jayapura, Senin, mengatakan semua pihak harus fokus di seratusan hari menjelang penyelenggaraan PON XX tersebut.

"Rencananya minggu ini akan ada rapat maraton bagi para organisasi perangkat daerah (OPD) di Provinsi Papua," katanya.

Menurut Dance, pihaknya juga meminta kepada bupati-bupati dan wali kota di daerahnya masing-masing untuk terus menggaungkan PON XX pada wilayahnya.

Baca juga: Pemprov Papua gelar rapat persiapan kabupaten/kota penyelenggara PON
Baca juga: FKUB Papua imbau umat turut sukseskan PON


Sementara itu, Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (Sub PB PON) Kota Jayapura sudah berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX yang akan digelar Oktober mendatang, tanpa memikirkan nilai anggaran operasional yang diberikan oleh PB PON Papua.

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengatakan Kota Jayapura, baik masyarakatnya, tokoh agama dan masyarakat adat di 14 kampung siap mensukseskan PON XX.

"Saya mengajak kepada bupati-bupati di tiga klaster lainnya agar tetap menerima berapapun anggaran yang akan diberikan oleh PB PON, karena PON XX adalah harga diri Papua," katanya yang juga merupakan Wali Kota Jayapura.

Baca juga: Menpora: Permintaan tambahan anggaran bukan pemicu penolakan PON Papua

Sub PB Kota Jayapura mendapatkan pergeseran anggaran Rp108 miliar untuk operasional PON XX dari nilai Rp124 miliar yang diajukan dalam RKA.

Meski besaran anggaran yang disetujui tak seperti yang diajukan, Benhur Tomi Mano tetap menerima, bahkan menjamin kesuksesan PON XX di klaster Jayapura.

Senada dengan Benhur Tomi Mano, Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda mengatakan dengan proses penyerahan surat keputusan pergeseran anggaran, tugas fungsi dan tanggung jawab menjadi wewenang Sub PB Kota Jayapura.

"Ini artinya sudah selesai dan kami sudah serahkan kepada teman Sub dan kami yakin akan sukses di Kota Jayapura, kami berterima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura, di mana apa yang sudah dipercayakan negara sebagai anak bangsa mari sukseskan, tolak ukurnya adalah Kota Jayapura sehingga pastikan PON XX di Jayapura bisa berjalan dengan baik," katanya.

Baca juga: Pembangunan infrastruktur PON sudah hampir selesai
Baca juga: Menpora luruskan soal penunjukan Nagita Slavina sebagai ikon PON Papua
Baca juga: Kementerian PUPR bangun 15 rusun bagi akomodasi PON 2021 Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021